0
535

Balancing Pada Ban Motor Harian, Penting Ngga sih?

Gilamotor.com – Kalo untuk kendaraan roda empat tentunya Gilmoters pernah melakukan balancing untuk ke empat rodanya, tetapi kalo untuk ban motor sepertinya masih jarang ya. Terlebih motor harian dengan kapasitas cc kecil.

Dalam situs web Suzuki menjelaskan bahwa balancing pada ban motor terbilang penting loh Gilmoters, terlebih jika motor kalian sudah menggunakan velk lebar dan kapasitas motor diatas 100 cc.

(Baca juga: Apa Sih Yang Menarik Di Suryanation Motorland 2019)

Jika velk ban bermasalah dan tidak dibalancing biasanya dikecepatan rendah mungkin tidak akan terasa, tetapi dalam kecepatan tinggi baru terasa kurang stabil dan bergeta Gilmoters.

Balancing ban motor tidak jauh beda dengan balancing ban mobil Gilmoters. Perbedaannya adalah balancing ban motor yang biasa dilakukan adalah Static, artinya hanya di satu titik saja yaitu titik keseimbangan.

Prosesnya tidak jauh beda seperti balancing ban mobil, nantinya ketika ditemukan titik yang tidak seimbang bagian ini akan ditempeldengan timah yang beratnya 5-20 gram.

Saat ini tentunya Gilmoters masih jarang melakukan balancing pada ban motor harian, selain lokasi bengkel yang masih jarang dijumpai tentunya kecepatan motor harian jarang ada yang menempuh diatas 100km/jam.

Foto: Suzuki Indonesia