0
945

Pionir Motor Skutik Honda Tumbang, Berikut Histori Honda Vario 110

Gilamotor.com – Walaupun tidak diumumkan secara resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM), informasi yang beredar saat ini adalah hilangnya Honda Vario 110 dari list web AHM Gilmoters.

Bisa dibilang Honda Vario 110 adalah pionir dari PT AHM untuk motor skutik pada tahun 2006. Saat itu Honda Vario 110 menjadi rival dari Yamaha Mio yang sudah lebih dulu diperkenalkan dan menjadi penguasa motor matic pada masa nya.

(Baca juga: Celaka Mengintai, Musim Hujan Pengguna Motor Wajib Perhatikan ini)

Pertama kali meluncur Honda Vario 110 dibekali mesin 108 cc SOHC, dengan ukuran (Diameter x Langkah) 50 x 55mm. Kompresinya dibuat cukup padat pada rasio 10,7:1. Hasil dari spesifikasi mesin itu, memproduksi tenaga 8,99 PS di 8.000 rpm dan torsi 8,4 Nm pada 6.500 rpm.

Kiprahnya selama 14 tahun Honda Vario 110 minim akan perubahan, bisa diketahui perubahan yang terjadi hanya pada sektor tenologi mesin, fitur dan sektor lampu depan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Honda Vario 110 cc mengalami perubahan di tahun 2014 dan 2017, dimana Honda Vario 110 cc menggunakan mesin berbasis yang sama dengan Honda BeAT Fi yang dilengkapi Dual LED Headlight dengan design elegan melanjutkan tradisi Vario 110 cc edisi pertama Gilmoters.

Teknologi CBS, Answer Back System dan ACG starter masih melekat pada Honda Vario 110 hingga berakhir nya produksi motor ini pada awal Januari 2020. Dan dikabarkan kini hanya ada beberapa unit yang tersisa dibeberapa main dealer.

Namun menurut Bang Gilmot Honda Vario 110 justru cocok banget untuk kaum urban, kapasitas cc yang tidak besar motor ini sanggup melibas kemacetan di kota besar ditambah lagi dimensi motor yang pas alias tidak besar dan tidak kecil. Ditambah lagi keiritan dari motor ini terus melekat dari tahun ke tahun.

Untuk Gilmoters yang memiliki Honda Vario 110 jangan takut dengan masalah spare part, seperti yang Bang Gilmot lansir dari Kumparan.com bahwa PT AHM yang diwakilkan oleh David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director PT AHM mengutarakan PT AHM menjamin suku cadang sampai dengan 7 tahun ke depan.

Photo: Gilamotor.com/Ary