0
1016

Cara Mudah di Rumah Aja Sambil Perpanjang Pajak Kendaraan

stnkGilamotor.com – Pajak menjadi salah satu kewajiban Gilmoters sebagai warga negara yang baik, walaupun saat ini situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan untuk kita keluar rumah kalian bisa melakukan pembayaran pajak via online. Jadi Gilmoters tidak perlu lagi datang ke Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap), demi mencegah penyebaran virus corona.

Saat ini Samsat masih menerapkan jam operasional serti biasanya, hanya saja untuk memasuki lokasi kalian harus lebih dulu di periksa suhu tubuh selain itu Gilmoters harus atur jarak dengan pengunjung lainnya. Tentunya hal ini membuat kalian was was dengan penyebaran virus Corona.

Agar tetap aman Gilmoters bisa melakukan ini semua di rumah aja dengan bermodal gadget yang kalian miliki. Berikut proses pembayaran pajak via online:

– Unduh aplikasi Samsat Online Nasional

– Pilih menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan tekan menu pendaftaran

– Nanti bakal ada pemberitahuan, TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan STNK, yang akan dikirim ke alamat tertera di STNK. Di sini kita diminta untuk mengambil keputusan, apakah setuju dan tidak setuju. Sepakat tentu tekan tombol setuju

– Lalu muncul formulir yang harus diisi wajib pajak (orang yang bayar pajak), yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email.

– Bila sudah diisi tekan tombol “lanjutkan”. Sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan

Kemudian, wajib pajak tinggal menekan tombol setuju untuk mendapatkan kode bayar, yang digunakan buat membayar pajak melalui layanan E-Channel perbankan (e-Banking atau ATM).

Usai melakukan pembayaran, otomatis Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) atau STNK-nya. Berkas ini nantinya akan terkirim ke rumah kalian sesuai alamat  pada STNK dengan kurun waktu 3 hari.

Sayangnya pembayaran via online ini tidak berlaku untuk Gilmoters yang telat dalam membayar pajak. Tetap di rumah aja, jaga kesehatan dan kebersihan ya Gilmoters.