0
4468

Hal Sepele Yang Membuat Bensin Motor Boros

Gilamotor.com – Walaupun saat ini banyak dari pabrikan motor yang mengklaim motor irit hal ini rasanya sangat percuma kalau dari pengendara sering abai terhadap kendaraannya Gilmoters.

Tidak jarang banyak pengendara yang lalai dengan jumlah bensin dalam satu liter untuk perjalanan berapa kilometer, kalau tau coba kassih komentar.

(Baca juga: Lorenzo Akan Ramaikan MotoGP Virtual Race Kelima)

Untuk mendapatkan label motor irit tentunya banyak hal sepele yang wajib kalian perhatikan. Nah Bang Gilmot mau kassih tau hal sepele yang membuat bensin motor jadi boros diantaranya:

– Tekanan Angin

Tekanan agin yang tidak sesuai alias ban kempes bisa membuat motor jadi boros, logikanya motor putaran ban akan lebih berat dan mesin bekerja lebih ekstra. Otomatis bensin yang dikelaurkan juga semakin boross Gimoters.

– Beban Berlebihan

motor hanya untuk si isi oleh 2 orang, tapi pada kenyataannya banyak yang menyalahi aturan. Selain menyalahi aturan kelebihan muatan juga bisa membuat motor jadi boros. Terlebih jika dijadikan kendaran logistik

Motor terlahir bukan untuk dijadikan kendaraan logistik, apalagi motor roda dua. Hanya saja karena kebutuhan saat ini banyak dari Gilmoters yang menggunakan motor menjadi kendaraan logistik.

– Telat Ganti Oli

Beberapa mekanik mengatakan oli memiliki masa pakai yang berbeda beda, lama kelamaan oli akan mengental dan lengket sehingga tidak sesuai fungsinya yaitu melumasi komponen yang ada di mesin. Dalam keadaan seperti itu kerja mesin lebih berat dan membutuhkan bahan bakar lebih untuk memutar mesin.

– Rantai Kendur

Sama seperti tekanan angin yang tidak sesuai, rantai yang kendur juga menyebabkan mesin bekerja lebih ekstra dan membutuhkan bahan bakar lebih.

– Gas Tidak Stabil

Siapa dari Gilmoters yang suka geber geber dijalan atau suka terpancing dengan pengendara lain yang selap selip. Pasti motor kalian boros kan? coba sedikit bersabar dengan pantengin gas motor kalian dibawah rpm 5000 atau maksimal stabil dan konsisten deh.

Karena hal ini pernah Bang Gilmot buktikan sendiri saat pengetesan uji irit salah satu pabrikan motor, setiap bukaan gas bahan bakar akan terus menyuplai ke mesin untuk terjadinya pembakaran.

– Filter Udara

Bukan berarti menggunakan filter udara membuat motor jadi boros Gilmoters, yang Bang Gilmot maksud adalah filter udara yang kotor bisa membuat motor jadi boros karena kotoran yang ada di filter udara akan menghambat aliran udara ke mesin sehingga pembakaran tiddak sempurna.