0
570

Mengenal Kunci Momen, Solusi Baut Slek Dan Patah

Gilamotor.com – Ngeselin memang usai bongkar motor dan pemasangan baut atau mur ada yang slek nyebelin lagi kalau sampai  patah Gilmoters, kalian yang suka bongkar motor tampaknya harus punya yang namanya kunci torsi atau lebih dikenal kunci momen. Pasalnya tools ini bisa jadi solusi terhindar dari baut slek dan patah.

Kunci momen ada banyak jenisnya mulai dari Deflecting beam torque wrench, Dial indicator torque wrench, Click type torque wrench, Pneumatic torque wrench, Hydraulic torque wrench, Digital torque wrench, dan lain sebagainya. Yang paling awam kita jumai dan mudah penggunaanya adalah  kunci momen click type torque wrench.

Umumnya kunci momen ini berbentuk batang memanjang pada bagian ujung atas terdapat sebuah pen untuk menancapkan kunci shock, sedang dibagian ujung bawah erat handle biasanya terdapat penyetel momen kekencangan yang diinginkan yang ditunjukkan dengan angka. Namun ada juga yang menggunakan suara klik Gilmoters.

Dalam menggunakan kunci momen ini sangat mudah, yang pertama dilakukan ialah mengatur setelan kekencangan kunci momen menurut spesifikasi mutu baut. Selanjutnya pasang kunci shock dan extensionnya di bab ujung momen dan lakukan pengencangan sampai terdengar suara klik.

Pada setiap kunci momen ini mempunyai batasan maksimal dan minimal torsi yang sanggup dikencangkan dan diukur dengan memakai kunci torque wrench. Agar nantinya kunci ini abadi sebaiknya gunakan kunci momen dibawah nilai maksimum yang sanggup diukur dengan memakai kunci torsi tersebut.

Wajib Gilmoters ketahui bahwa mur dan baut memiliki torsi yang berbeda beda. Oleh karena itu dalam mengenvangkan kalian tidak bisa kekurangan atau kelebihan torai untuk menghindari baut patah dan slek.