0
628

Standar Aturan Touring IMI, Komunitas Motor Wajib Tahu

Gilamotor.com – Pasti masih banyak dari Gilmoters yang tidak tahu aturan dalam perjalanan tourig nih, alhasil perjalanan justru malah membahayakan rombongan dan pengendara lain.

Tetapi tenang saja, saat ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk organisasi otomotif di Indonesia dan sebagai fasilitator dan regulator kegiatan otomotif di Indonesia berinisiatif untuk membuat standarisasi pelaksanaan kegiatan mobilitas Gilmoters.

(Baca juga: Filter Udara Kotor, Hati – Hati Banyak Ruginya)

Standarisasi pertama yang diterbitkan IMI adalah “BJB Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok”. Dengan BJB standarisasi ini tentunya Gilmoters mendapat bekal ketika ingin melakukan perjalana berkelompok dengan komunitas atau club motor kalian.

“Tujuan pembuatan standarisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya komunitas atau klub sepeda motor, dan pengguna jalan raya umumnya,” jelas Sadikin Aksa, Ketua Umum IMI, sebagai Pelindung Kegiatan Standarisasi ini.

Dalam mempersiapkan standar aturan toiring IMI mengutus tim mobilitas untuk melakukan perjalanan yanng mana nantinya akan meghasilkan buku panduan dan video panduan utuk perjalana touring.

Beberapa pejabat Indonesia yang juga suka dengan dunia otomotif mendukung penuh terbentuknya Standarisasi Tata Cara Mengemudi Berkendara Sepeda Motor Berkelompok, seperti Ketua MPR RI, Bapak H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A, . Bahkan kegiatan mobilitas ini dipimpin oleh Ahmad Syahroni yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI dan dibantu oleh Sekretaris Joel D. Mastana.

“Saya mengapresiasi IMI yang menginisiasi acara ini agar ke depan berkendara berkelompok harus tahu tekniknya. Mungkin kita paham dalam mengendarai sepeda motor, tapi dalam berkelompok kita harus tahu kapan tarik gas, kapan menjaga jarak, karena ini sebuah tim, maka harus seirama.” papar Bamsoet, panggilan akrab mantan Ketua DPR tahun 2017 – 2020.

Nantinya Gilmoters bisa mendapatkan dan melihat langsung aturan touring ini di beberapa chanel resmi IMI. Dalam video yang kemungkinan tayang di bulan Oktober ini terdapat panduan instruksi berkendara seperti penggunaan safety gear, formasi konvoi seperti dalam kondisi jalan macet, penggunaan hand-signal, aturan dalam melewati jalan tikungan, pengereman, manajemen perjalanan, dan lain-lain. Di dalam panduan juga terdapat aturan dalam pelaksanaan protokol kesehatan new normal dalam mobilitas.

“Dalam touring dibuat standarisasi termasuk safety gear, formasi touring, dan lain-lain. Panduan ini akan dikemas dalam instruksi video tata cara melakukan berkendara berkelompok. Video ini nantinya bisa diunduh gratis oleh masyarakat umum,” papar Joel D. Mastana, yang juga merupakan Sekretaris IMI Mobilitas.

Bahkan bukan hanya aturan main dalam berkendara saja Gilmoters, kalian juga diajak menjaga lingkungan dalam melakukan perjalanan touring, dengan begitu keindahan alam Indonesia masih bisa terus kalian nikmati dari atas motor.