0
297

Inspirasi Belajar Online, Guru – Guru Smk Diganjang Hadiah Jutaan Rupiah

Gilamotor.com – Belajar online yang kini terus diterapkan oleh berbagai tenaga pengajar di semua sekolah tentunya harus efektif agar semua siswa bisa menerima materi dengan baik.

Namun tentunya cukup sulit untuk menerapkan hal tersebut, lewat kesulitan ini PT Astra Honda Motor memberikan tantangan kepada 682 guru SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

(Baca juga: Dapatkan Kenyamanan, Point Penting Modifikasi Jok Motor)

Kini PT AHM telah mendapatkan nama pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020, dan tentunya cara ini akan diajukan dan dibagikan kepada para pengajar agar kegiatan belajar secara online bisa tetap efektif.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme tinggi dari para tenaga pengajar dalam mengikuti kompetisi ini. Pandemi tak menyusutkan semangat mereka dalam berkreasi menyuguhkan materi ajar vokasi bagi anak didiknya. Kami berharap ini akan memicu semangat dunia vokasi dalam berkreasi mengantarkan anak muda melewati masa pandemi dengan keterampilan yang selalu teruji,” ujar Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.

Juara pertama diraih oleh Abdul Maukup guru dari SMK Negeri 2 Kuripan, Nusa Tenggara Barat, juara kedua didapatkan oleh Enggar Bayu Saputra guru dari SMK Negeri 1 Badegan, Jawa Timur, dan juara ketiga adalah Edi Putra Wirawan dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Para pemenang ini mendapatkan hadiah sebesar Rp 8.000.000,- untuk juara pertama, Rp 6.000.000,- untuk juara kedua, dan Rp 4.000.000,- untuk juara ketiga. Selain itu, seluruh peserta yang lolos ke seleksi nasional juga mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1.000.000,- untuk masing-masing guru.

“Melalui kontes kreativitas online ini saya tidak hanya dapat belajar berbagi ilmu tetapi juga mendapatkan inspirasi bagaimana menyampaikan ilmu tersebut dengan kreatif dan juga edukatif. Terima kasih banyak kepada PT Astra Honda Motor telah memberikan saya kesempatan untuk mengasah kompetensi saya di kompetisi ini,”ujar Abdul Maukup.

Proses kompetisi para peserta mempresentasikan 2 materi ajar selama masing-masing 20 menit yaitu materi wajib terkait teknologi Honda PGM-FI dan satu pilihan materi yaitu mengenai alat ukur, sistem bahan bakar, wiring diagram, atau sistem pengereman skutik CBS Gilmoters.

Peserta juga diuji oleh juri-juri profesional yang berpengalaman di bidang training pengajar maupun dari segi teknis untuk menilai peserta dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Proses darling tentunya menjadi tantangan, namun lagi – lagi beban guru – guru untuk menyampaikan materi agar siswa menjadi pintar membuat mereka terus semangat melakukan inovasi agar proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar untuk memastikan para siswa memahami dan tetap fokus pada materi pelajaran.