0
449

Kiprah Dimas Ekky Pembalap Mandalika Racing Team Indonesia

Gilamotor.com – Nama Dimas Ekky kembali santer usai Mandalika Racing Team Indonesia resmi dikukuhkan untuk menyambut balap MotoGP 2021. Mungkin Gilmoters sudah mengenal pembalap Indonesia yang memiliki nama Lengkap Dimas Ekky Pratama.

Yap, pria kelahiran Depok 26 Oktober 1992 ini sempat vakum usai balap GP Moto2 bersama Idemitsu Honda Team Asia. Dan nantinya di 2021 Dimas Ekky bakal membela Mandalika Racing Team dalam balap Moto2 jika memang Dorna dan tim MotoGP memberi lampu hijau.

(Baca juga: Lima Moge Bermesin 6 Silinder, Lebih Pilih Mana?)

Sejak memulai karir balap prestasi yang diraih cukup banyak Gilmoters. Bang Gilmot bakal coba menjelaskan kiprah Dimas Ekky dalam dunia balap.

Prestasi balap di tingkat daerah membuat nama Dimas Ekky cepat melambung ke ajang balap IRS di kelas Supersport 600cc. Awal musim balap Dimas Ekky harus puas dengan raihan peringkat empat sementara dimusim berikutnya peringkat justru melorot di posisi 5.

Berkat kerja keras pembalap dan tim akhirnya posisi runner up bisa diraih pada musim 2012. Prestasi itu semakin membuat pembalap yang saat itu berusia 21 tahun langsung terjun dalam balap ketahanan Suzuka 4 hours bersama Iswandi Muis.

Usai mendapat kemenangan Dimas Ekky kembali menaiki anak tangga untuk ke level yang lebih tinggi yaitu Suzuka 8 hours di tahun 2014. Di ajang ketahanan ini Dimas bersama rekan satu tim mendapat peringkat ke tujuh dengan menggunakan motor CBR1000RR.

Selama mengikuti ajang balap ketahanan Dimas Ekky juga mengikuti kompetisi Asia Road Racing Championship untuk kelas Supersport 600cc bersama Astra Honda Racing Team sejak 2012 – 2016.

Nama Dimas Ekky rutin muncul dipemberitaan atas prestasi yang diraih. Tentunya ini menjadi tahun emas bagi pembalap asal Depok, terlebih atas ganjaran penghargaan Rookie of the year Asia Road Racing Championship tahun 2012 yag dia terima.

Prestasi dalam dunia balap terus bertambah hingga ditahun 2017, pembalap yang kerap kali bersepeda untuk menjadi latihan fisik kembali menempati podium tertinggi di ARRC seri Sirkuit Sentul Gilmoters.

Kiprah Dimas Ekky Di Balap Eropa

Eropa CEV Moto2 menjadi anak tangga yang dilewati Dimas Ekky dalam karir balapnya. Sejak 2015 Dimas ikut berkompetisi di FIM CEV Moto2 mewakili Astra Honda Racing Team, yang mana kompetisi ini hanya berlangsung di sirkuit Portugal dan Spanyol.

Prestasi terbaik dalam balap kali ini adalah podium 3 di Sirkuit Catalunya tahun 2017 dan tahun 2018 kembali meraih podium 3 di Sirkuit Albacete. Mendapat kesempatan untuk terjun di balap Moto2 diraih pada tahun 2017, Dimas Ekky medapat wilcard di Malaysia untuk meggantikan Jorge Navaro di tim Gresini Moto2. Sayangnya Dimas crash dan gagal finis Gilmoters.

Pembalap yang mendapat julukan Red Forehead mendapatkan kembali kesempatan untuk turun di dua seri pada musim berikutnya bersama Astra Honda Racing Team di Sirkuit Catalunya, dan finis ke-24. Sedangkan dengan bersama Tech 3 Racing, menggantikan Bo Bendsneyder yang cedera, harus puas dengan finis ke-23.

Musim balap 2019 akhirnya Dimas Ekky Pratama menjadi pembalap full time di Moto2 bersama tim Idemitsu Honda Team Asia yang dipunggawai pembalap top Jepang era 90’an. Dari 19 seri Dimas hanya turun 11 kali balap dan mendulang posisi terbaik di urutan 18 di Malaysia.

Absen panjang Dimas ketika latihan FP1 Moto2 GP sirkuit Assen Belanda, saat dimana Dimas crash dengan Stefano Manzi. Cedera kepala membuat Dimas digantikan dengan Andi Gilang yang juga menjadi pembalap AHRT.

Berikut Catatan Prestasi Balap Dimas Ekky Pratama :

Tahun 2010
– Peringkat 4 Kejuaraan Nasional Supersport.

Tahun 2011
– Peringkat 5 Kejuaraan Nasional Supersport.

Tahun 2012
– Peringkat 2 Kejuaraan Nasional Supersport 600.
– Peringkat 6 Kejuaraan Asia Road Racing Championship.
– Rookie of the year Asia Road Racing Championship.

Tahun 2013
– Juara 1 Suzuka Endurance 4 Hour Championship.
– Peringkat 3 Kejuaraan Nasional Supersport 600

Tahun 2017
– Pebalap pengganti Moto2 seri Malaysia.

Tahun 2018
– Wildcard Moto2 seri Catalunya.
– Pebalap pengganti Moto2 seri Malaysia.
– Peringkat 5 Kejuaraan CEV Repsol Moto2 Junior.

Tahun 2019
– Pembalap Moto2 di Idemitsu Honda Team Asia.