Naik Motor Musim Hujan
0
648

Musim Hujan, Ini yang Harus Diperhatikan Dalam Berkendara

Gilamotor.com – Menjelang akhir tahun cuaca di Indonesia kian tidak menentu Gilmoters, namun bagi kalian yang hobi riding tentunya ini bukan halangan. Pasalnya seorang bikers harus siap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan dan cuaca yang dilalui.

Untuk mendapatkan rasa aman dalam berkendara di musim hujan Gilmoters harus mempersiapkan berbagai perlengkapan, dalam hal ini Yamaha Riding Academy (YRA) berbagi tips berkendara sepeda motor saat hujan yang menyangkut pengendara, kendaraan dan lingkungan/cuaca.

(Baca juga: Proses Unboxing, Mulai Dilakukan Pemilik Pertama Yamaha MT-09 di Bali)

”Saat musim hujan pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Terkait dengan hal itu, Yamaha Riding Academy mempunyai tips yang dapat digunakan oleh bikers kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan. Dalam keadaan seperti itu, safety riding sangat penting dijalankan,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut tips berkendara di musim hujan:

Persiapan Pengendara

Gilmoters wajib mempersiapkan jas hujan model setelan agar berkendara tetap aman dan tetap sesuai dengan ukuran bada kalian. Disarankan juga untuk menggunakan helm full face dengan visor bening agar tidak mengurangi jarak pandang.

Sepatu water prof juga menjadi kebutuhan dalam berkendara, terlebih dengan model diatas mata kaki guna melindungi bagian kaki. Dalam berkendara disarankan untuk tidak melakukan pengereman mendadak dikarenakan jalan yanng licin.

(Baca juga: Sambut Kehadiran Yamaha Aerox 155 Connected, Filters Ferrox Punya Discount Menarik)

Karea jarak pandang terbatas, pastikan Gilmoters menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Pastikan apparel yang kalian gunakan berwarna terang agar mudah terlihat dengan pengendara lainnya.

Persiapan Motor

Pastikan bagian kaki kai seperti ban dalam kondisi baik atau tidak gundul dengan tekanan angin sesuai standar agar tidak selip. Area penting pada motor tidak terbuka agar motor tidak mudah mogok dan rusak Gilmoters.

Rem bisa berfungsi dengan baik, ditambah lagi pada bagian lampu secara keseluruhan. Pasalnya dalam kondisi hujan lampu motor wajib dinyalakan agar bisa terlihat oleh pegendara lain.

(Baca juga: Warna Baru Bikin Yamaha Mio M3 Jadi Incara Milenial)

Lingkungan

Dalam perjalanan tentunya Gilmoters wajib mengenali kondisi jalan (rusak, lubang, banjir) agar terhindar dari potensi bahaya saat melewati area tresebut. Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi di jalur yang aman dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada.

Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya menggunakan jas hujan jangan menunggu hujan deras. Jangan mendadak jika menepi untuk menggunakan jas hujan untuk menghindari bahaya misalnya tertabrak oleh pengendara yang di belakang.

Genangan air tetunya menjadi hal yag sering ditemu dalam berkendara saat hujan. Genangan ait yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor.