Foto: Ilustrasi Hilang Kunci Kontak ( PT Piaggio Indonesia)
0
824

Kehilangan Kunci Motor? Ini Yang harus Dilakukan

Gilamotor.com – Kini perkembangan keamanan motor terus mengalami pembaharuan, beberapa tipe motor saat ini sudah dibekali teknologi kunci tipe keyless. Namun pengembangan itu tidak ada artinya jika remot atau anak kunci hilang, alhasil motor akan terus terparkir sebelum kunci ditemukan.

Hilangnya kunci kontak sering terdengar di telinga dengan berbagai alasan, beberapa langkah awal yang wajib Gilmoters lakukan adalah tidak panik. Disetiap kepanikan hanya membuat pikiran semakin tidak karuan. Selanjutnya Gilmoters bisa melakukan beberapa cara diantaranya:

– Menggunakan Kunci Cadangan

Disetiap pembelian motor tentunya Gilmoters mendapat dua buah kunci kontak, yang mana salah satu kunci difungsikan sebagai kunci cadangan disaat kondisi seperti ini.

(Baca juga: Motor Jadul Dengan Desain Nyeleneh)

Kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering diingat pada saat kehilangan kunci motor. Gilmoters bisa memiliki lebih dari satu kunci cadangan, agar dapat menyimpan satu dalam dompet dan yang lain ditinggal di rumah.

– Hubungi Bengkel

Langkah ini terbilang memakan biaya yang cukup banyak Gilmoters, pasalnya harga kunci kontak cimulai dari harga ratusan hingga jutaan rupiah untuk tipe keyless. Untuk cara yang lebih murah Gilmoters bisa memanggil ahli kunci duplikat yang mana nantinya motor akan lagsung bisa dibuatkan kunci duplikat.

Namun ahli kunci duplikat tidak dapat memperbaiki beberapa jenis motor dengan alasan faktor keamanan yang baik. Terlebih jika motor sudah menggunakan sistem keyless, dapat dipastikan Gilmoters harus memiliki nomor bengkel resmi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Foto : Wahana Honda

– Klaim Asuransi

Saat melaukan pembelian motor atau serah terima motor baru Gilmoters bisa lebih dulu mempertanyakan hal seputar asuransi. Tidak jarang beberapa asuransi sudah memberikan layanan klaim kehilangan kunci.

– Bongkar Sendiri

Langkah ini tetunya harus lebih dulu dimulai dengan memiliki kunci kunci dan pengetahuan Gilmoters, pasalnya motor dalam kondisi terkunci stang tidak semudah membalikan telapak tangan, terlebih kalian harus menyambung kabel kunci kontak untuk menyalakan motor.

Dari beberapa langkah yang sudah Bang Gilmot sebutkan, yang mana yang kah yang akan kalian lakukan saat kunci motor hilang Gilmoters?