0
263

Bak Motor 70’an Honda CBR600RR Tricolor Alami Pembaharuan

Gilamotor.com – Kini Gilmoters bisa memiliki Honda CBR600RR Tricolor di Indonesia, pasalnya PT Astra Honda Motor secara resmi memasukan motor sport fairing dalam line up big bike di wing diler yang tersebar di Indonesia.

Setelah tahun lalu hadir melalui CBR1000RR-R Fireblade, kini warna Tricolor yang merepresentasikan semangat dan pengaplikasian teknologi balap juga disematkan pada motor super sport CBR600RR. Bahkan jika flash back di medio 70’an pabrikan Honda telah menyematkan tricolor pada Honda CB750 yang digunakan pada ajang Daytona 200 mile di Amerika Serikat.

(Baca juga: Mengambil Basis Honda PCX 160, Honda PCX e-HEV Gantikan PCX Hybrid)

“Melalui CBR600RR ini, kami ingin mengajak Anda semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik dengan perpaduan sempurna dari kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan saat berkendara,”ujar Yasuda Keiichi, President Director AHM.

Desain yang aerodinamis di dapat dari bentuk fairing dan penyematan winglet ditambah headlight membuat motor semakin terkesan agresif Gilmoters. Sementara untuk perfoma mesin baru DOHC 599cc 4-silinder tercatat mempunyai tenaga maksimal 89 kW (121 PS)/14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak yang sangat besar mencapai 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm.

AHM mengklaim ada beberapa perubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing) menjadikan CBR600RR semakin bertenaga.

Didukung pula dengan fitur yang sudah lebih modern seperti teknologi LED, TFT full digital, assist/ slipper clutch, Throttle by wire, Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft).

Kini ada tiga mode berkedara tang tertanam di Honda CBR600RR Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding, Antilock-Braking System (ABS). Sementara untuk harganya sendiri Honda CBR600 akan di jual degan harga Rp 550 juta (OTR Jakarta).