Foto: Retro Sport
0
287

Duel Maut Suzuki RC 100 Sprinter VS Yamaha Alfa Champ

Gilamotor.com – Aura kompetisi dua pabrikan ternama ini praktis kian tajam sejak mereka melahirkan motor bebek sport pertama di Indonesia dengan garis desain yang lazim disebut sebagai ayago.

Motor dengan tipe ayago tersebut sangat identik dengan motor balap, bahkan pada awal kemunculannya motor ini sering jadi andalan Gilmoters dalam adu kecepatan. Hingga kini tipe Ayago masih mengambil filosofi tersebut, dengan penggunaan stang clip on atau biasa dikenal stang jepit membuat gaya berkendara semakin racing.

(Baca juga: Perang Motor Kontet Klasik Buruan Kolektor)

Kini motor Ayago juga tengah naik daun, harganya yang terbilang mahal membuat banyak dari pemilik kedua motor ini melakukan restorasi. Namun sebelum jadi pemilik dari kedua motor ini Gilmoters wajib tau sejarah desain dan mesin dari motor Ayago yang sudah Bang Gilmot kemas, berikut persaingan Suzuki RC 100 Sprinter VS Yamaha Alfa Champ

Sejarah

Motor Suzuki RC 100 Sprinter jadi generasi kedua RC series yang lahir tahun 1988 dan punya predikat motor ayago pertama di Indonesia Gilmoters. Bisa dibilang jadi buyut dari Suzuki Satria F yang kini sering Gilmoters temukan di jalan dan di arena sirkuit.

Foto: Naikmotor.com

Melihat kompetitor bermain sendirian, Yamaha langsung membawa Alfa Champ tahun 1989, menggunakan basis mesin Yamaha Alfa II R. Namun sayangnya Yamaha tidak lagi merilis motor bergaya Ayago, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing lebih konsen mengisi pasar Ayago dengan motor bebek MX King.

Foto: Pertamax7

Desain

DNA desain pendahulunya yang boxy masih jadi inspirasi Suzuki RC 100 Sprinter. Tentunya jadi andalan untuk yang suka kecepatan Gilmoters

Foto: Naikmotor.com

Sementara bodi membulat bawaan Yamaha Alfa dipadankan dengan stang model clip on bikin tampilannya lebih sporti. Tentunya jadi pilihan baru bagi Gilmoters di kala itu.

Foto: Naikmotor.com

Mesin

Suzuki RC 100 Sprinter dibekali mesin 99,6cc 9,5 hp dengan torsi 11,2 Nm menggunakan teknologi Jet Cooled. Teknologi ini kian menjadi andalan pabrikan Suzuki dalam mengenalkan motor kala itu.

Foto : maxresdefault

Kalau musuhnya, Yamaha Alfa Champ punya mesin berkapasitas 102 cc bertenaga 7,7 hp dengan torsi 8,82 Nm.

Foto: Pertamax7