0
382

Wajah Baru Sang Legenda Suzuki Hayabusa Era Milenial

Gilamotor.com – Suzuki Hayabusa tentunya sudah melegenda dalam daftar motor supersport sejak kehadirannya pada medio 1999 beekat kerja keras Koji Yoshiruan dan tim Suzuki Jepang yang kala itu bermarkas di Toyokawa Aichi Jepang.

Dengan kapasitas mesin 1.300 cc Suzuki Hayabusa menyandang motor tercepat, terlebih motor itu rutin absen menjadi jawara dalam balap lurus atau biasa dikenal drag race di panggung NHRA, Amerika Serikat.

(Baca juga: Pengguna Motor Klasik Dan Kustom Gotong Royong Untuk Bencana Kalimantan)

Nama Hayabusa sendiri diambil dari burung elang, bentuknya yang gambot dengan kecepatan yang bisa diandalkan membuat motor ini terus mendapat pujian dan menjadi acuan untuk kompetitor dalam menghadirkan motor serupa diatas Suzuki Hayabusa.

Tahun 2008 Suzuki Hayabusa mengalami pembaharuan dengan melakukan penyesuaian atas aturan emisi gas buag di Eropa yang kian ketat. Mulai terbatasnya gerak dari Suzuki Hayabusa membuat geng hijau merilis Kawasaki H2 series yag sudah dilengkapi Supercharger.

 

Predikat motor tercepat kini bukan lagi dipegang Suzuki Hayabusa, hanya saja Suzuki Hayabusa pernah menjadi legenda sebagai motor tercepat bahkan di tahun 2018 dikabarkan Suzuki Hayabusa stop produksi Gilmoters.

Namun kabar baik datang diawal tahun 2021, Suzuki Motor Corporation menghadirkan Suzuki Hayabusa 2021 yang kabarnya sudah melakukan ubahan full model. Kini Suzuki Hayabusa masuk pada generasi ketiga Gilmoters.

Di bawah konsep produk “Ultimate Sport”, yang diwarisi dari generasi pertama, ia telah mengembangkan lebih jauh desain gaya unik dengan performa aerodinamis yang luar biasa dan performa berkendara yang superior.

Kini Suzuki Hayabusa punya warna two-tone dengan mengadopsi warna berbeda untuk bodi utama dan bagian kecil di sekitar intake udara depan, di penutup mesin samping, dan di bagian belakang. Sinyal belok dengan lampu posisi built-in yang ditempatkan di tepi luar intake udara diadopsi oleh sepeda motor Suzuki untuk pertama kalinya.

Mesin empat silinder segaris 1.340cc dilengkapi sistem throttle elektronik ride-by-wire dan mekanisme intake dan exhaust yang direvisi untuk meningkatkan output dan torsi dalam kisaran kecepatan rendah hingga menengah. Ini memenuhi standar emisi Euro5 (untuk spesifikasi Eropa) yang diperkenalkan pada sepeda motor baru yang dijual di Eropa mulai tahun 2020.

Suzuki Hayabusa kini memiliki sistem Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang baru dipasang memiliki fitur SDMS-α, yang membantu pengendara memilih pola yang telah diatur sebelumnya pada 5 sistem kontrol elektronik yang berbeda termasuk Power Mode Selector, Traction Control, Engine Brake Control, dan 2 kontrol lainnya. S.I.R.S. juga dilengkapi dengan Active Speed Limiter, yang merupakan adaptasi pertama untuk model produksi di industri sepeda motor, yang memungkinkan Gilmoters untuk menetapkan batas kecepatan yang tidak boleh dilampaui sepeda dalam keadaan tertentu.