0
1074

Salah Dalam Menggunakan Power Charger Dijamin Motor Tidak Nyala, Ini Solusinya

Gilamotor.com – Belakangan power charger menjadi salah satu fitur wajib yang ada pada sepeda motor, terlebih jika kalian memilih motor skutik. Baik yang cc kecil hingga cc besar, namun ternyata salah dalam penggunaan akan berakibat motor tidak dapat menyala alias mogok Gilmoters.

Sama sama kita ketahui sumber kelistrikan pada sepeda motor berasal dari aki, oleh sebab itu penggunaan power charger dapat berpengaruh terhadap kerja aki. Kalau seperti itu apakah pengisian baterai masih aman jika menggunakan power charger pada motor?

(Baca juga: Perawatan Standar Sepeda Motor Yang Sering Terlewatkan)

Kita lihat dulu dari lokasi penempatannya, jika pada motor Honda PT Astra Honda Motor merancang dan menempatkan posisi fitur power charger di lokasi yang aman. Baik itu di console box (di bawah setang kemudi) ataupun di luggage box (bagasi).

“Pada umumnya komponen-komponen listrik memang rentan terhadap air, namun fitur power charger pada sepeda motor Honda telah didesain sedemikian rupa sehingga aman dari cipratan air ketika hujan serta semprotan ketika sedang dicuci,” ungkap Danang Priyo Kumoro, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta.

Untuk komponennya sendiri Honda telah menggunakan socket jenis USB type A dan dilindungi oleh dua lapisan sebagai pengaman, yaitu lapisan karet berfungsi untuk menutupi tegangan arus listrik di dalam dan penutup pada lapisan luar yang menyatu dengan body motor sekaligus membuat keberadaan fitur ini tidak mengganggu penampilan motor. Bagian bawah penutup juga dilengkapi jalur pembuangan air sehingga tidak akan ada air yang menggenang.

“Adanya fitur power charger pada sepeda motor Honda tidak akan mempengaruhi performa baterai (aki), proses pengisian daya handphone akan tetap aman apabila dilakukan selama motor dalam kondisi nyala,” tambah Danang.

Lebih lanjut pengisian daya dilakukan ketika mesin sepeda motor nyala atau motor dalam kondisi jalan, performa baterai akan tetap baik-baik saja Gilmoters.

Akan tetapi, jika pengendara terus melakukan pengisian daya ketika sepeda motor dalam kondisi mati akan membuat performa baterai menurun. Lama kelamaan tentunya tidak baik untuk kelistrikan motor, terlebih jika motor kalian sudah tidak dilengkapi kick stater tentunya akan lebih sulit untuk menyalakan motor.

Danang juga berbagi tips seputar perawatan power charger yang mana Gilmoters harus tetap menjaga kebersihan di console box tempat socket power charger berada. Tujuannya agar jalur keluar air tidak tertutup oleh kotoran atau barang lainnnya. Selain itu, disarankan pengendara untuk mematikan handphone saat melakukan pengisian daya untuk menghindari peningkatan suhu khususnya di tengah terik matahari.