Foto: Wikimdia.com
0
993

Kiprah Yamaha di Balap Grand Prix Dunia Jelang 60 Tahun

Gilamotor.com – Sejarah panjang Yamaha dalam balap Grand Prix dunia sudah memasuki usia 60 tahun Gilmoters. Berdiri pada medio 1955 Yamaha langsung turut serta dalam ajang balap Mount Fuji Ascent Race pada 10 Juli 1955.

Yang cukup mengejutkan jadwal balap tersebut diikuti saat perusahaan di kukuhkan 10 hari sebelum tanggal acara. Motor yang digunakan dalam pertama kali balap mengandalkan motor YA-1 Gilmoters.

(Baca juga: Kisah Motor Perdana Empat Pabrikan Jepang)

Ini adalah perwujudan pentingnya motorsport sebagai kesempatan berharga untuk mendemonstrasikan keunggulan produk Yamaha di hadapan publik. YA-1 yang saat itu baru saja diluncurkan, tampil mendominasi dan meraih kemenangan dalam debut balapan Yamaha itu.

Hal ini pun menjadi langkah awal utama sebagai pabrikan motor. Terinspirasi petuah presiden pertama Yamaha Motor, Genichi Kawakami, yakni “Jika kamu akan melakukannya, cobalah menjadi yang terbaik”, memacu Yamaha untuk menjangkau dunia dengan Spirit of Challenge (semangat menghadapi tantangan).

Setelah menjalani debut balapan dunia di Catalina GP di Amerika Serikat tahun 1958, langkah selanjutnya berkompetisi perdana di Road Racing World Championship Grand Prix yaitu di Grand Prix Perancis, Mei 1961. Dua tahun sesudahnya di 1963, Fumio Ito meraih kemenangan GP pertama untuk Yamaha di Grand Prix Belgia, menggunakan RD56 di kelas 250cc.

Lalu tahun berikutnya gelar juara untuk pembalap dan konstruktur diraih Yamaha untuk pertama kalinya lewat Phil Read di kelas 250cc. Antara tahun 1963 hingga 2020 Yamaha telah mengoleksi total 511 kemenangan.

”Yamaha Indonesia menyambut dengan bangga perjalanan 60 tahun Yamaha di balapan motor Grand Prix dunia. Motorsport sebagai DNA Yamaha, telah menginspirasi banyak kemenangan balapan yang dihasilkan dan hadirnya produk-produk sport unggulan, termasuk di Indonesia sendiri. Banyaknya penggemar Yamaha di seluruh dunia dan di Tanah Air pun ikut muncul karena kecintaan terhadap motorsport Yamaha. Sampai saat ini Yamaha selalu dikenal karena keunggulannya dalam persaingan di pentas balapan dunia,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Tidak hanya kemenangan saja, sebagai peserta balapan Grand Prix, Yamaha aktif mendukung, menjaga dan mendorong budaya motorsport Gilmoters. Dimulai dari pembalap-pembalap Grand Prix, perhatian juga diarahkan pada para pembalap di seluruh dunia, memahami kebutuhan dan menciptakan teknologi untuk membantu menumbuhkan potensi mereka. Yamaha juga mengembangkan banyak teknologi baru melalui racing, dan menjadikannya prioritas utama untuk mengambil hasilnya yang bermanfaat bagi model produksi, dan dengan cara ini juga menunjukkan luasnya tantangan di dunia balapan.

Pada bulan Februari 2021 Yamaha mengumumkan akan terus bersaing di MotoGP selama lima tahun lagi (2022–2026). Sebagai perusahaan, Yamaha tidak pernah puas dengan status quo. Keputusan ini mewakili komitmen untuk membuka jalan ke depan menuju masa depan yang fantastis melalui balap, didorong oleh Spirit of Challenge.