Foto: Dok. Gilamotor
0
481

3 Agenda Wajib Komunitas Motor yang Harus Dijalankan

Komunitas motor merupakan sekumpulan pengguna roda dua yang selalu berkumpul dan menjalankan kegiatan rutin. Komunitas motor di Indonesia jumlahnya ratusan bahkan hingga ribuan, mulai dari  yang anggotanya puluhan hingga ratusan.

Berbagai kegiatan yang bermanfaat selalu dijalankan, untuk menjalin kekompakan. Edi, penasihat komunitas motor Satu Jiwa Indonesia menuturkan, 3 agenda yang wajib dijalankan oleh komunitas motor.

 

  1. Kopi Darat
Foto: Honda Vario Club Jakarta

Kopi darat atau yang biasa disingkat Kopdar adalah kegiatan wajib  yang dihadiri oleh seluruh member dan pengurus. Kopdar ini biasanya dilakukan secara rutin setiap minggu atau di minggu keberapa dalam  satu bulan, tergantung kesepakatan dari member atau anggota. “Biasanya dilakukan rutin, di minggu keberapa yang sesuai kesepakatan. Bisa minggu pertama atau ketiga sesuai kebutuhan,” terang Edi.

Dalam kopdar, biasanya membahas agenda atau rencana serta menyelesaikan satu permasalahan juga uang kas.  “Bahkan membahas hal penting tentang keanggotaan secara internal,” tambahnya.

 

  1. Touring Wajib
Foto: Unsplash

Touring wajib atau Turjib ini harus diikuti oleh semua member dan pengurus. Kegiatan ini sudah diagendakan setiap tahun atau per 6 bulan. “Tujuan touring sesuai dengan kesepakatan saat di forum. Misalkan ke Dieng plateu yang tujuannya mungkin untuk refreshing, bisa untuk pelantikan member baru,” terang Edy.

Selain itu, touring juga bisa dilakukan untuk mengambil NRA atau Nomor Registrasi Anggota, juga bersilaturahmi ke chapter atau koordinator wilayah. “Bisa juga bendera komunitas yang sudah ada ikatan baik dan mempererat tali silaturahmi, dan juga bertujuan memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian dalam sebuah perjalanan,” tambah dia.

 

  1. Menjalankan Agenda Tahunan
Foto: Internet

Menjalankan agenda tahunan, menurut Edy biasanya yang sakral adalah hari jadi atau anniversary. Selain itu juga bisa menggelar selamatan syukuran sewindu satu dekade atau pagelaran, dan Musyawarah Besar (Mubes), Jambore Nasional atau Musyawarah Nasional. 

Agenda tahunan juga berupa pergantian kepengurusan dan pelantikan pengurus baru. “Kegiatan internal ini menjadi salah satu agenda wajib dilakukan setiap tahun,” tambah Edy.