Police Owners Group (POG) merayakan ulang tahun sekaligus meresmikan sekretariat baru di Moto. Foto: Police Owners Group (POG)
0
728

HOPE, Rumah Baru Bagi Anggota Police Owners Group

GilaMotor.com – Klub motor Harley-Davidson (H-D) tipe Police, Police Owners Group (POG), meresmikan kantor sekretariat baru mereka di Moto Village, Kemang, Jakarta Selatan yang diberi nama Home for POG Enthusiast (HOPE).

Peresmian sekretariat baru tersebut bertepatan dengan perayaan hari jadi POG yang ke-5 (5/12/2021). Dalam peresmian tersebut, POG turut mengundang Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter, HOG Nusantara Jakarta Chapter, Kemplo Riders Indonesia, dan HOGERS Indonesia.

Tak ketinggalan, juga mengundang Pilotos MC Indonesia, FOC MC Indonesia, Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), HDCI Bekasi, HDCI Jakarta Pusat, HDCI, Blind Eagle MC, Motor Besar Indonesia (MBI), MBI Bogor, Bikers Brotherhood MC, Bikers Brotherhood 1% MC, dan banyak lagi. 

Selain peresmian sekretariat baru dan rayakan hari jadi, kegiatan dilanjut pelantikan Dewan Penasihat POG yang baru. Diisi Enggartiasto Lukita, Ivan Petrus Sadik, Komjen Pol. (Purn) Drs. Nanan Soekarna, dan Jend. Pol. (Purn) Drs. Roesmanhadi. 

Acara diwarnai penyerahan plakat dan pemotongan tumpeng, oleh Presiden POG Soni Wibisono, Ketua Dewan Pengawas Rudy Bratanusa, dan Sekjen Rama Pratama. 

Kiranya belum afdol, bila acara tak disemarakkan aktivitas bakti sosial (baksos). Ronny Roncho, Chief National Events POG dalam keterangannya mengatakan, telah mengunjungi sejumlah lokasi baksos.

“Kami salurkan ke tempat yang membutuhkan, seperti Panti Asuhan An Naba Bintaro, Rumah Qur-An Al Fatih, Pondok Gede, dan Pesantren Kumala Lestari, Cianjur,” ujarnya. 

Sedikit mengulik sejarah POG, didirikan pada Desember 2016 di Indonesia, atas inisiasi 8 (delapan) pendiri. Soni menerangkan, anggota POG awalnya berjumlah 20 orang.

“Sekarang POG sangat berkembang, dengan lebih dari 300 anggota tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua”, tukasnya. 

Police Owners Group (POG) saat ini memiliki tak kurang 300 anggota di seluruh Indonesia. Foto: Police Owners Group (POG).

Dia menambahkan, malah sejumlah kota sudah mendirikan Squad, istilah POG untuk mewakili daerah, seperti POG Squad Bandung, Bali dan Cirebon.

Bagi mereka yang minat gabung POG, jelas syarat utamanya harus punya motor H-D tipe Police. Ada empat jenis motor H-D yang memiliki varian Police, yaitu Electra Glide Police, Road King Police, Dyna dan WL. 

Bisa dibilang motor H-D tipe Police terhitung jenis yang sulit didapat. Diungkapkan Soni, tipe Police hanya dijual bebas di negara tertentu, salah satunya Indonesia. 

“Motor ini sebenarnya dipasarkan secara khusus. Umumnya untuk aparat penegak hukum atau polisi di masing-masing negara”, tukasnya.

Kendati punya cukup uang, tak semua orang bisa memiliki H-D tipe Police. “Karena populasinya langka, alhasil motor ini juga punya waiting list yang panjang”, imbuh Soni.

Police Owners Group (POG) melakukan rolling thunder dalam perayaan ulang tahun ke-5. Foto: Police Owners Group

Selama ini aktivitas rutin POG antara lain memfasilitasi anggota, berupa pelatihan safety riding guna meningkatkan kemampuan berkendara aman dan nyaman.