0
127

Begini Cara Penonton Masuk ke Tribun Mandalika

Gilamotor.com – Penonton antusias menikmati suara mesin motor pembalap MotoGP 2022 Mandalika, Lombok. Namun sebelum para pengunjung yang ingin menyaksikan ajang race dunia ini harus melewati beberapa tahapan. 

Pantauan gilamotor di lokasi Mandalika, para pecinta balap ini yang membawa kendaraan tidak bisa memarkirkan kendaraannya baik itu motor dan mobil di sekitar lokasi sirkuit. Parkiran itu sudah ditentukan oleh panitia di titik titik tertentu. Parkir Timur (PT) dan Parkir Barat (PB) adalah dua titik tempat untuk parkir kendaraan Anda.

Aparat keamanan menjaga akses masuk ke sirkuit Mandalika.

Kemudian, penonton wajib naik bus, transportasi yang telah disediakan oleh MGPA secara gratis. Setiap bus baik di area PB dan PT sudah ditempelkan stiker zona tribun untuk penonton. Stiker yang disematkan di kaca depan atas bus itu berwarna warni. Diantaranya warna merah untuk zona penonton A, B, C dan H. Sedangkan warna hijau untuk zona I, J, K dan L. Bus ini akan berhenti sesuai dengan zonanya. 

Kemudian, usai naik bus, penonton tidak serta merta begitu saja langsung masuk ke Tribun. Tetapi pengunjung yang telah membeli tiket harus berjalan kurang lebih 1 kilometer dari pemberhentian feeder bus Mandalika tersebut untuk zona A, B, dan C di PT. Sementara untuk gate 3 yang merupakan zona I, J, K dan L hanya berjalan 500 meter dari tempat akhir pemberhentian bus di PB.

Feeder Bus yang digunakan para penonton untuk masuk ke lokasi Tribun.

Asep, seorang penonton MotoGP Mandalika mengatakan, walaupun harus berjalan ia tetap senang. Ini merupakan momen yang tidak bisa dilewatkannya. Apalagi pria yang mempunyai hobi sebagai youtuber ini memang hobi nonton balap motor. 

“Memang jalannya jauh saat saya menyaksikan MotoGP di hari pertama. Di hari kedua ini, karena saya di zona I, tidak terlalu jauh jalan kaki, hanya 500 meter dari pemberhentian bus. Saya senang kok,” katanya.

Ia mengatakan, ada kekurangan panitia di Mandalika ini, masih ada jalanan menuju sirkuit yang beralaskan papan triplek. Jika hujan deras akan membuat kesusahan penonton, karena sepatu penonton akan tertempel tanah. 

“Ini hanya sebagai masukan saja. Saya maklum ini merupakan pertama kali penyelenggaraan ajang balap motor dunia MotoGP. Tetapi saya sudah sakit dengan penyelenggaraan ini,” ucapnya. 

Dilokasi tribun yang tanpa atap, kecuali VIP, terlihat para pecinta race MotoGP melihat para pembalap kesayangannya yang sedang berlaga di sirkuit Internasional Mandalika. Raungan mesin motor pembalap dunia terdengar jelas menyelimuti seluruh tribun. Namun hingga hari kedua ini, gilamotor melihat masih adanya bangku bangku kosong tribun yang belum diisi oleh penonton. Sembari menyaksikan kompetisi MotoGP, para penonton yang didominasi oleh pengunjung domestik ini mengambil foto sirkuit, dan berfoto selfie.