Foto: MotoGP
0
86

Berbekal Hasil Tes Mandalika, Aprilia Siap Tarung di MotoGP Qatar

GilaMotor.com – Mungkin diibaratkan Gatot Kaca, tokoh pewayangan yang menempa diri bersemedi dalam Kawah Candradimuka. Begitupula tim Aprilia, yang telah memiliki bekal tes pra musim di Sirkuit Mandalika, sebagai sirkuit baru dengan trek relatif menantang.

Lantas, bagaimana hasil dari tes pra musim di Mandalika? Ternyata Aprilia RS-GP 2022 optimis mampu membuktikan diri, karena telah dibekali performa mumpuni. Tiga hari pengujian, yang merupakan tes terakhir sebelum musim resmi MotoGP diawali di Qatar, awal Maret ini. 

Baik Aleix Espargaro maupun Maverick Vinales sama-sama sepakat, kalau pekerjaan yang dilakukan para teknisi Aprilia telah sangat baik, dalam menghadirkan performa optimal dari tunggangan RS-GP. 

Aleix Espargaro. Foto: MotoGP

Keduanya mengakui, sensasi memuaskan yang terasa di Sepang Malaysia, terkonfirmasi juga di Mandalika. Ditambah lagi banyaknya ruang eksplorasi, menjadi pondasi tangguh untuk mereka boyong bertarung di MotoGP Qatar. 

Espargaro maupun Vinales memang mengakui, tidak dapat mengevaluasi hasil tes pra musim berdasarkan waktu. Sebagai dasar keyakinan, bahwa telah melakukan pekerjaan dengan baik. 

“Tetapi dari sudut pandang lain, saya pikir, kami dan Aprilia siap menuju Qatar dengan landasan yang baik. Motor baru telah menunjukkan peningkatan di keseluruhan area”, tegas Espargaro waktu itu. 

Foto: MotoGP

Dikatakan, dia dan Vinales mampu dan harus meningkat, itu sudah pasti. Selain itu sudah menjadi tujuannya melakukan yang lebih baik dibanding tahun lalu. 

“Walaupun hal ini takkan mudah. Karena menurut saya, ini akan menjadi musim MotoGP yang paling kompetitif dan penuh tuntutan,” terangnya. 

Mendukung pernyataan rekan setim, Vinales juga mengaku puas dengan hasil tes pra musim di Sirkuit Mandalika. Walaupun diakui, masih terlalu dini untuk menentukan level mereka berdua secara pasti.

“Tetapi RS-GP baru terbukti cepat di dua trek yang sangat berbeda, Sepang dan Mandalika. Perasaan saya juga meningkat secara progresif, meskipun saya masih tidak bisa mengatakan itu sempurna,” jelasnya. 

Ditopang kemampuan teknisi Aprilia yang semakin baik, terutama dalam memenuhi kebutuhan kedua pebalap untuk bertarung di lintasan. “Bagaimanapun, saya merasa positif menjelang balapan pertama di Qatar, beraksi di trek di mana saya selalu merasa nyaman,” ucap Vinales.