Motor Alex Rins yang terbakar saat gelaran MotoGP Mandalika. Foto: Instagram.com/motogp
0
91

Terungkap, Gara-Gara Ini Kuda Besi Alex Rins Terbakar di MotoGP Mandalika

GilaMotor.com – Pada kejuaraan balap MotoGP Mandalika yang baru saja berlalu, Jumat-Minggu (18-20/3/2022), banyak drama terjadi di dalamnya. Salah satunya adalah yang dialami tim Suzuki Ecstar MotoGP. Pada sesi latihan bebas ke-4, motor balap Alex Rins, rider Suzuki Ecstar MotoGP harus mengalami kejadian tak terduga. Ketika kuda besi bernomor balap 42 yang dipacunya di sirkuit mengalami kebakaran. Bahkan hingga membuat bendera merah harus dikibarkan waktu itu.

Ketika motornya terbakar, Rins di awal-awal tampaknya masih belum menyadari. Karena ia masih sempat melongok-longok ke bagian bawah motornya itu. Sebelum akhirnya di Tikungan 13, ia yakin dan putuskan untuk melompat, serta melepaskan motor dari kendalinya. Sebenarnya motor Suzuki GSX-RR tunggangan pebalap asal Spanyol itu terbakar di tikungan 10 Mandalika International Street Circuit. Namun, kondisinya kian memburuk ketika Rins melewati Tikungan 11 dan 12. 

Alex Rins menyadari motornya mulai terbakar. Foto: Instagram.com/motogp

Bos tim Suzuki Ecstar MotoGP, Livio Suppo, dikutip dari Speedweek mengkonfirmasi, kondisi Alex Rins tidak terluka dalam kebakaran motor tersebut. Terbukti Alex Rins masih bisa bertempur di Race Day, dan bertengger di posisi ke-5 diikuti Joan Mir di posisi ke-6. 

Kata Suppo, kebakaran motor Rins saat itu lantaran terjadi gangguan mekanik di bagian selang oli, yang mana mengalami kebocoran minyak dan menimbulkan api.

“Ada masalah kecil dengan selang oli. Kami kemudian memeriksanya dengan cermat dan sampai pada kesimpulan bahwa mesinnya tidak rusak. Tapi kita tidak tahu persis bagaimana dan mengapa itu bisa terjadi. Yang paling penting adalah pengemudi tidak terluka,” ucap Suppo.

Sementara Alex Rins mengatakan, awalnya tidak melihat api pada motor nomor satunya itu. Itulah alasan mengapa dia tetap tancap gas di Tikungan 10, 11, dan 12. “Barulah di tikungan berikutnya, saya melihat roda belakang saya kehilangan traksi lagi, dan apa yang saya lakukan segera adalah keluar dari lajur balap untuk keselamatan saya dan pebalap lain. Di luar lajur balap, saya melihat seluruh bagian bawah terbakar, saya takut, tentu saja. Hal pertama yang Anda pikirkan adalah:’Motornya akan meledak’,” cerita Rins.

Sewaktu melihat sudah muncul api lumayan besar di motornya, Rins mencoba menetralkan gigi dan langsung melompat dari kuda besinya. Beruntung, kondisi motor baik-baik saja. Mesin pun tidak mengalami kerusakan.

Setelah mencoba menetralkan gigi, Alex Rins melompat dari motornya yang terbakar. Foto: Instagram.com/motogp

“Mereka (tim Suzuki) sudah konfirmasi ke saya, bahwa itu masalah di selang tempat oli lewat, dari mesin ke oil cooler atau semacamnya. Untung mesin baik-baik saja, tidak terpengaruh,” kata Rins waktu itu seperti dikutip Marca.

Dalam ajang balap MotoGP Mandalika, Suzuki Ecstar berhasil pulang dengan menyelesaikan balapan. Alex Rins dan Joan Mir diketahui bermain aman, agar bisa menyelesaikan balapan dan mengamankan poin mereka di klasemen MotoGP musim balap 2022.