Foto: Dok. Gridoto.com
0
56

Royal Enfield Hunter 350 Meluncur, Motor Modern Bergaya Klasik

Salah satu pabrikan motor asal India yaitu Royal Enfield baru saja meluncurkan sepeda motor terbarunya yang diberi nama Royal Enfield Hunter 350. Motor yang menganut desain khas dari Royal Enfield yaitu desain klasik ini ditawarkan dalam tiga pilihan varian dengan harga yang cukup terjangkau.

Adapun tiga varian yang ditawarkan meliputi Royal Enfield Hunter 350 Retro Factory, Royal Enfield Hunter 350 Metro Dapper serta Royal Enfield Hunter 350 Metro Rebel untuk tipe tertinggi. Untuk tipe terendah yaitu Hunter 350 Retro Factory dibanderol harga 1.49.900 Rupee atau sekitar Rp 27 Jutaan, kemudian untuk tipe tengah yaitu Hunter 350 Metro Dapper dibanderol 1.63.900 Rupee atau sekitar Rp 30 Jutaan sedangkan untuk tipe tertinggi 1.68.900 Rupee atau sekitar Rp 31 Jutaan.

Royal Enfield Hunter 350 merupakan hasil dari pengembangan dan riset yang dilakukan oleh tim selama beberapa tahun baik di India atau belahan dunia lainnya. 

“Motor ini terasa sangat cocok digunakan di kota-kota metropolis dan menyenangkan bagi pengendara berpengalaman, serta mudah dijangkau oleh pengendara baru,” ujar B Govindarajan selaku CEO Royal Enfield.

Salah satu hal yang membuat motor ini sangat cocok untuk digunakan di kota-kota metropolis adalah wheelbase yang pendek dan juga bobot motor yang sangat ringan yang hanya 181 kilogram saja. Sedangkan untuk wheelbasenya motor ini hanya memiliki jarak 1.370 mm saja antar roda depan dengan roda belakangnya.

Bicara soal mesin, Royal Enfield membekali motor ini dengan mesin yang sama dengan Classic 350 dan juga Meteor 350 yaitu 349 cc satu silinder yang dibekali dengan sistem pendinginan oil cooler. Mesin J-Series tersebut memiliki tenaga sebesar 20,4 hp pada 6.100 rpm dengan torsi puncak sebesar 27 Nm pada 4.000 rpm serta dipadukan dengan transmisi manual 5-kecepatan.

Foto: Dok. Gridoto.com

Meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Royal Enfield membekali motor ini dengan beragam fitur untuk memenuhi keinginan pengendara. Fitur yang dapat kita jumpai pada Royal Enfield Hunter 350 ini antara lain adalah lampu depan LED termasuk juga bagian belakang. 

Selain itu pada motor ini juga terdapat instrument cluster yang memadukan antara digital dengan analog. Selain itu untuk mengakomodir perjalanan jarak jauh, Royal Enfield juga membekali motor ini dengan USB Port untuk memudahkan pengendara melakukan isi ulang smartphonenya.

Tidak hanya sampai disitu saja, Royal Enfield juga membekali sistem keselamatan yang cukup mumpuni pada motornya itu. Fitur keselamatan tersebut berupa fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dual-channel.