Foto: Dok. Thebrakereport.com
0
64

Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rem Vespa Matic Bermasalah

Hampir semua kendaraan bermotor menggunakan rem sebagai alat utama untuk meredam laju kendaraan hingga bisa berhenti. Untuk sebuah motor dengan transmisi manual masih ada engine brake yang bisa membantu mengurangi kecepatan, tapi untuk sebuah motor dengan transmisi otomatis hanya mengandalkan rem saja untuk bisa membuat motor berhenti.

Pada sebuah Vespa matic pun berlaku hal yang sama untuk meredam laju dari motor ini. Untuk itu, sebuah motor bertransmisi matic tentunya harus memiliki kondisi sistem pengereman yang sangat baik.

Ada beragam hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kondisi sistem pengereman tetap dalam kondisi yang prima. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan dan pengecekan rutin baik motor dipakai ataupun tidak dipakai.

Sebuah Vespa matic memang menyandang sebagai motor hobby dimana umumnya digunakan hanya untuk berkendara pada saat weekend saja. Tapi tidak sedikit pula yang menggunakan motor dengan brand asal Italia tersebut sebagai tunggangan harian.

Ada sebuah kebiasaan yang berpotensi membuat kondisi sistem pengereman dari sebuah Vespa matic tidak bisa bekerja dengan maksimal terutama pada sistem pengereman belakang yang masih mengandalkan drum brake. Kebiasaan ini sebenarnya berlaku untuk kalian yang menggunakan Vespa sebagai kendaraan harian atau kendaraan di akhir pekan saja.

Lantas apa sih kebiasaan tersebut? Kebiasaan tersebut adalah setelah mencuci motor, kalian langsung menyimpan Vespa kalian di garasi dan digunakan kembali pada akhir pekan mendatang. Nah kebiasaan tersebut bisa berpotensi membuat kabel rem belakang jadi mengeras.

Seperti dilansir Otorider.com, kabel rem yang mengeras tersebut disebabkan oleh air yang tidak sengaja masuk kedalam rumah kabel rem dan mengendap dalam waktu yang cukup lama. Ketika air masuk, Rumah dan kabel rem yang umumnya terbuat dari besi dan juga baja berpotensi untuk timbul karat sehingga kabel sulit untuk bergerak ketika handle rem kita tarik. 

Untuk itu, ketika kita mencuci Vespa matik kesayangan kita, usahakan untuk tetap menjaga air agar tidak masuk kedalam kabel rem. Untuk membersihkan bagian kabel, kita bisa dengan mengelap menggunakan lap basah saja. ketika menyiram bagian handle, usahakan untuk kita menjaga siraman air agar tidak masuk kedalam rumah kabel rem.