0
30

Berkendara Saat Hujan, Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan

Berkendara motor di musim hujan harus benar-benar berhati-hati. Pasalnya ada banyak risiko yang dihadapi saat berkendara di tengah guyuran hujan. Jika tak hati-hati, bisa-bisa pengendara membahayakan nyawa sendiri dan pengguna jalan yang lain. 

Secara garis besar ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di hujan. Berikut daftarnya: 

 

  1. Sistem Kontrol Kendaraan 

Selalu lakukan perawatan berkala pada komponen sistem kontrol kendaraan. Seperti, gas, kecakraman, rem, dan kopling. Komponen-komponen ini bisa mengganggu keamanan berkendara jika terjadi kerusakan. 

 

  1. Lampu Kendaraan 

Pastikan lampu kendaraanmu menyala saat hujan. Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain, selain itu lampu juga mempermudah pengendara lain melihat kendaraan kita. Pastikan selalu mengecek kondisi lampu kendaraan sebelum bepergian. 

 

  1. Hindari Genangan Air 

Mungkin akan sulit untuk melihat genangan air. Namun, apabila kita melintasi hujan deras disarankan berhenti lebih dulu untuk menghindari genangan air yang tinggi. Pasalnya jika melewati genangan air yang tinggi, berpotensi merusak mesin karena air bisa masuk ke dalam mesin. 

 

  1. Atur Kecepatan Lebih Lambat 

Mengurangi kecepatan saat hujan penting dilakukan. Dengan kecepatan yang lebih lambat, kita bisa lebih memperhatikan keadaan sekeliling. Memperlambat kecepatan kendaraan juga menghindarkan dari tergelincir saat di jalan yang licin. 

 

  1. Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain juga penting dilakukan saat hujan. Hal ini untuk mengurangi risiko kita menabrak kendaraan lain jika terpaksa mengerem mendadak. 

 

  1. Gunakan Helm Dan Jas Hujan

Gunakan helm sesuai standar agar tetap aman dan dapat melihat kendaraan lain meski hujan. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan jas hujan yang aman ya. 

Untuk memastikan keamanan kendaraan selalu cek keamanan kendaraan dengan melakukan servis rutin. Pastikan mengganti oli di waktu yang tepat agar mesin bekerja dengan baik dan melakukan pengecekan di bagian rem, mesin dan jugan ban.