Foto: RushLane
0
67

BSA Rilis Motor Baru Bergaya Scrambler

BSA kembali membuat gebrakan di pasar roda dua sejak bangkit tahun lalu. Pabrikan asal Birmingham, Inggris ini belum lama ini mengeluarkan motor bertajuk BSA Scrambler. 

Melalui ajang pameran Motorcycle Live di Birmingham, Inggris, BSA memamerkan produk barunya tersebut. 

Mengusung konsep Scrambler, BSA menggunakan basis BSA Gold Star 650. Dalam produk barunya ini, ada perbedaan yang mencolok yakni BSA Scrambler terbilang merupakan motor jinak yang dapat diajak melibas trek dua alam.

Keunggulan ini dilihat dari penggunaan ban tipe pacul dan spakbor depan ala motor trail yang tinggi menjulang.

 

Spesifikasi Bodi

Soal spesifikasi bodi dari varian baru ini yakni adanya lampu depan berbentuk bulat yang menjadi ciri khas motor segmen scrambler.

Salah satu bagian yang mencuri perhatian adalah bagian jok motor yang dibuat menyatu dengan bagian belakang, dengan knalpot yang berada di samping dengan gaya mencuat ke atas.

Tangki dibuat bulat besar, tujuannya untuk lebih banyak menampung bahan bakar untuk melintasi trek jarak jauh.

Foto: RushLane

 

Mesin Sama dengan BSA Gold Star 650

Soal mesin yang digunakan, BSA Scrambler menggunakan mesin yang serupa dengan BSA Gold Star 650. Dengan kapasitas 625 cc bersilinder tunggal, DOHC, 4-katup, berpendingin cairan yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 45 tk dengan putaran 6.000 Rpm dan torsi 55 Nm pada 4.00 Rpm.

Letupan tenaga tersebut semuanya disalurkan ke girboks 5-percepatan dengan assist slipper clutch. Berat dari motor ini sendiri sekitar 213 kilogram. Dengan berat tersebut, motor ini dinilai cukup mumpuni di kelasnya.