Foto: Dok. Cardo System
0
51

Gejala Rantai Motor Mulai Rusak

Pada sebuah motor manual, rantai merupakan sebuah komponen yang cukup vital terutama dalam hal menggerakkan roda. Ya, rantai memiliki fungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin hingga ke roda belakang sehingga bisa membuat motor jadi jalan.

Karena memiliki peran yang cukup penting dan vital maka kondisi dari sebuah rantai pun harus tetap prima. Pasalnya ketika kita tidak memperhatikan kondisi rantai, dampaknya rantai tersebut bisa putus ditengah perjalanan.

Sebenarnya ketika rantai sudah mulai rusak akan ada gejala yang muncul. Nah ketika gejala tersebut sudah muncul sebaiknya kita harus waspada. Alangkah lebih baiknya lagi saat gejala tersebut sudah muncul, kita segera mengganti rantai dengan yang baru.

Umumnya gejala pertama yang muncul ketika rantai sudah mulai rusak adalah muncul suara berisik. Suara yang muncul tersebut berupa suara kretek kretek. Biasanya suara tersebut muncul ketika motor sedang akselerasi atau sedang berjalan stasioner.

Selain muncul suara dari rantai baik sedang berjalan atau sedang diputar, ada gejala lain yang bisa kita temui. Gejala lainnya yang bisa kita lihat berupa fisik rantai dan gear yang sudah ada gompal. Kondisi rantai yang kurang bagus tersebut disebabkan oleh kotoran yang menempel dan kondisi rantai yang kurang pelumasan.

Gejala lain yang muncul ketika rantai sudah mulai rusak adalah rantai yang cepat kendor meski sudah kita stel setiap waktu. Pada rantai yang kondisinya masih bagus, tentu tidak akan mudah kendor.

Selain itu ketika kita melihat ketegangan rantai sudah tidak stabil, maka kondisi rantai sudah tidak bagus. Kondisi ini bisa kita lihat dengan cara memutar roda belakang ketika sedang distandar tengah. Rantai yang kondisinya masih bagus, tingkat ketegangannya akan stabil ketika roda diputar. Namun pada rantai yang kondisinya sudah jelek, ketegangannya tidak beraturan ketika roda diputar. Rantai akan mengencang dan mengendur dengan tidak stabil.

Ketika kalian sudah menemukan gejala tersebut sebaiknya segera ganti rantai kalian. Jika kalian terus membiarkannya, maka rantai akan putus ketika sedang dalam perjalanan.

Nah untuk itu agar rantai awet kita harus menjaga kondisinya setiap saat. Sebaiknya setiap interval satu minggu kita bersihkan rantai dengan menggunakan cairan pembersih khusus rantai. Alangkah baiknya ketika kita usai berkendara dalam kondisi hujan, kita langsung membersihkan rantai. Pasalnya kotoran yang menempel di rantai bisa memicu kerusakan lebih cepat.

Setelah melakukan pembersihan, usahakan untuk langsung melumasi rantai dengan pelumas khusus rantai. Jangan kita lumuri rantai dengan gemuk, pasalnya gemuk yang kita lumuri dirantai tersebut bisa menyimpan kotoran sehingga berpotensi merusak rantai.