Dok. Foto: RevZilla
0
324

Fungsi Fairing Pada Motor Sport

Mungkin banyak orang berpikir bahwa fairing pada motor sport berfungsi hanya sebatas aksesori saja. Padahal, komponen yang biasa di samping dan bagian depan motor ini juga memiliki fungsi spesifik lho selain sebagai aksesori.

Fairing kerap disebut sebagai salah satu komponen wajib pada motor sport. Dengan menggunakan fairing, motor sport memang tampak lebih gagah namun fairing juga memiliki fungsi yang spesifik.

Pertama, fairing pada motor sport memiliki fungsi untuk menambah aspek aerodinamis pada motor sport. Seperti diketahui, motor sport memiliki keunggulan untuk dipacu dalam kecepatan tinggi. Aerodinamika ini memastikan motor bisa dipacu dalam kecepatan terbaiknya.

Penggunaan fairing pada motor sport juga membantu motor untuk membelah angin dan udara saat motor dipacu dalam kecepatan tertentu. Hal ini membantu motor sport mampu mencapai kecepatan optimal mereka.

Aliran udara yang lebih lancar juga membuat motor lebih stabil, sehingga tidak mudah kehilangan keseimbangan saat motor melaju dalam kecepatan tinggi. Fairing yang berfungsi untuk ini adalah fairing di bagian samping motor.

Fairing ini sengaja didesain agar aliran udara yang diterjang oleh motor dapat dialirkan ke mesin dan radiator untuk mengoptimalkan pendinginan. Aliran udara ini akan membuat pendingin bekerja lebih optimal sehingga mesin tidak overheat. Dengan demikian, kinerja mesin akan lebih optimal dan tidak mudah kelelahan.

Tambahan fairing pada motor sport juga akan melindungi bagian penting pada motor seperti radiator serta penampung oli di bagian bawah mesin bilamana terjadi kebocoran ringan.

Selain itu, fairing juga melindungi pengendara dari debu dan kerikil halus. Fairing pada bagian bawah dan samping juga berfungsi untuk menghindari cipratan air di jalanan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penggunaan fairing pada motor sport ini bukan sebatas aksesori saja. Motor sport yang melaju pada kecepatan tinggi memang disarankan menggunakan fairing salah satunya untuk penambahan aspek keselamatan karena membantu motor lebih stabil dalam kecepatan tinggi.