Dok. Foto: Bikewale.com
0
171

Triumph Speed 400, Hasil Kerjasama Bareng Bajaj

Produsen motor asal Inggris, Triumph, dan produsen asal India Bajaj Auto bekerjasama menghadirkan motor gede (moge) yang diberi nama Triumph Speed 400. Motor ini dibanderol dengan harga 2.23 lakh rupee atau sekitar Rp40,6 jutaan.

Triumph Speed 400 memiliki desain campuran dari model Speed Twin 900 dan 1200, dengan sedikit sentuhan Trident 660 yang lebih modern. Motor ini terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan rival-rivalnya yang memiliki mesin sejenis.

Dengan ketinggian jok 789 mm, Triumph Speed 400 ini memudahkan orang-orang Asia meletakkan kedua kakinya di tanah sangat mengendarai moge ini. Ini merupakan kelebihan moge ini yang menawarkan sensasi berkendara motor besar yang nyaman dengan stang lebar dengan posisi lebih rendah dan lebih jauh ke depan dibanding di Scrambler.

Desainnya sendiri bisa dibilang sangat khas dengan India yakni memiliki ekor menggantung sekaligus tangki membulat. Lampu depan motor ini juga dibuat bulat dengan desain dua spionnya yang dibuat sama yang membuat kesan klasik. Kesan retro ini juga terdapat pada speedometernya yang dibuat membulat.

Dok. Foto: Bikewale.com

Meski demikian, Triumph Speed 400 tampak gagah dan kekar karena menggunakan kerangka besi tubular yang menopang mesin besarnya. Selain itu, motor ini juga tampak sporty karena menggunakan desain knalpot yang dibuat naik.

Sementara untuk kaki-kakinya cukup gagah dengan mengusung suspensi depan upside down dan untuk suspensi depannya monoshock. Untuk kedua rodanya menggunakan velg 17 inci dengan rem cakram berukuran 300 mm di depan dan 230 mm di belakang.

Dari segi dapur pacu, moge ini menggunakan mesin mesin satu silinder berkapasitas 398 cc DOHC 4 katup yang dapat menghasilkan tenaga 40 PS dan torsi puncak 37,5 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui 6-percepatan manual.

Sementara untuk pencahayaannya, Triumph Speed 400 sudah menggunakan teknologi full LED. Panel instrumennya juga sudah digabung antara digital dengan analog.

Fitur lain yang disematkan pada moge ini di antaranya throttle by wire, traction control, Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS), dan Assist and Slipper Clutch.

Triumph Speed 400 hadir dalam tiga pilihan warna: Phantom Black, Carnival Red, dan Caspian Blue.

Untuk harganya, 10 ribu pemesan pertama dibanderol dengan harga 2.23 lakh rupee atau sekitar Rp40,6 juta. Setelah itu harganya meningkat menjadi 2.33 lakh rupee atau sekitar Rp42,7 juta.