Dok. Foto: Britannica.com
0
603

Ini dia 6 Komunitas Motor Paling Tua di Indonesia

Pecinta sepeda motor di Indonesia biasanya membuat grup atau komunitas untuk menyatukan visi misi atau membuat kegiatan bersama. Ada beberapa komunitas ini yang tumbuh dan menjadi besar tetapi ada juga yang tak bertahan lama.

Biasanya komunitas motor ini terbentuk karena mencintai satu merek yang sama. Atau juga karena suka berkendara bersama.

Nah, ada komunitas motor tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini lho. Berikut 6 komunitas tertua di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Black Angels Motorcycle Club (BAMC)

BAMC didirikan sejak 2 Januari 1979, tak heran jika BAMC menjadi klub motor tertua di Indonesia. BAMC juga sangat terkenal di Indonesia dan kerap masuk ke berbagai media nasional.

Salah satu pendiri klub motor ini adalah Indro Warkop. Tak heran jika akhirnya klub ini memiliki nama besar karena kerap dipromosikan oleh Indro. Misi dari BAMC adalah jadi klub motor yang bisa merangkul seluruh masyarakat Indonesia melalui hobi bermotor, sekaligus menjadi contoh dalam bermasyarakat dan berlalulintas yang baik.

2. Pecinta Montor Udhug Indonesia Soerabaia (PEMUDI’S)

Komunitas motor ini juga menjadi salah satu yang tertua karena berdiri sejak 22 Februari 1982. Klub motor ini mempersatukan para pecinta motor tua produksi Inggris. Hingga saat ini PEMUDI’S masih bertahan dan memiliki banyak anggota.

3. Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC)

Klub motor BBMC didirikan pertama kali pada 13 Juni 1988. Beberapa pesohor juga tergabung dalam klub motor ini di antaranya Indro Warkop, Ferry Maryadi dan Chef Juna.

Prinsip dari BBMC yang terkenal ialah “benteng terakhir adalah persaudaraan’. Sudah berusia 35 tahun, klub motor ini masih berdiri hingga saat ini.

4. Harley Davidsons Club Indonesia (HDCI)

Para pecinta Harley Davidson di Indonesia mendirikan HDCI pertama kali pada 28 Mei 1990. Terkenal sebagai motor mahal, tak heran jika anggota klub ini tak main-main dan kebanyakan pengusaha dan pejabat negara.

5. Tiger Association Bandung (TAB)

TAB juga jadi salah satu klub motor paling senior di Indonesia karena sudah berdiri sejak 23 Mei 1994. Bisa dikatakan, TAB adalah pelopor berdirinya klub-klub motor kecil saat ini.

Komunitas ini berdiri awalnya karena ada dua orang yang mencintai motor Tiger. Dari dua orang, komunitas ini tumbuh memiliki banyak anggota hingga saat ini.

6. Motor Antique Club Indonesia (MACI)

Para pecinta motor antik pun ikut mendirikan komunitas motor mereka sendiri. 1 Oktober 1994, lahirlah MACI yang menjadi wadah komunitas-komunitas kecil pecinta motor antik. Komunitas ini pun bertahan hingga saat ini.

Itu dia beberapa komunitas motor tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini.