Dok. Foto: Motor1.com
0
158

Yamaha PG-1, Bebek Trail Saingan Honda CT125

Yamaha sepertinya tak pernah mau ketinggalan dari Honda, kali ini berbicara soal produk motor bebek yang memiliki gaya petualang. Yamaha baru saja meluncurkan Yamaha PG-1 dengan mesin 115 cc dengan tampilan klasik yang mencuri perhatian.

Yamaha PG-1 diluncurkan dengan slogan Live Playful Ride dan memiliki gaya outdoor. Tampilannya cukup unik dengan bentuknya yang mirip motor bebek klasik tetapi dengan kesan motor trail sehingga membuatnya tampak lebih sporty.

Misalnya saja pada bagian peleknya, masih menggunakan pelek jari-jari yang dipadukan dengan ban dual purpose. Bagian sokbreker depan menggunakan pengaturan travel yang cukup tinggi dan dikombinasikan dengan skidplate dan stang lebar yang dilengkapi dengan handguard.

Untuk spesifikasi di atas kertas, motor Yamaha PG-1 menggunakan mesin SOHC, 4 tak, 1 silinder, 2 katup, berpendingin udara dengan kapasitas 113,7 cc. Mesin ini memiliki silinder berukuran 50,0 mm x 57,9 mm, dengan rasio kompresi 9,3:1, dan mengadopsi sistem pengapian TCI.

Tenaga mesin disalurkan dengan sistem transmisi manual 4 percepatan. Mesin ini bisa menghasilkan energi hingga 8,8 hp pada 7.000 rpm, dan torsi mencapai 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Sebagai motor yang mengusung tema klasik, fitur pada motor ini bisa dibilang jadul atau sederhana. Lampunya masih menggunakan bohlam, kunci kontaknya konvensional, panel instrumennya pun masih menggunakan model analog.

Untuk sistem pengereman, menggunakan cakram untuk rem depan. Sementara rem belakang masih menggunakan tromol. Untuk sistem keamanannya juga masih sangat sederhana, belum dilengkapi dengan sistem rem ABS. Jadi, sepertinya masih belum cukup untuk menghadapkan Yamaha PG-1 dengan Honda CT125, termasuk dari sisi harga.

Belum lama ini, Yamaha meluncurkan PG-1 di Thailand dan kemudian Vietnam. Di Vietnam motor ini dijual dengan harga sekitar Rp19,5 juta dan tersedia dalam 6 pilihan warna

Untuk Honda CT125 sendiri dipasarkan dengan harga Rp80 jutaan. Bedanya, Honda CT125 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih modern.