Dok. Foto: ebay.com
0
227

5 Aksesoris Tambahan Agar Motor Makin Sulit Dicuri

Aksi pencurian sepeda motor kerap membuat khawatir banyak orang. Apalagi, pencuri selalu memiliki akal di luar nalar untuk menggasak korban mereka.

Meski demikian, penting untuk tetap waspada dan membuat beberapa langkah pencegahan agar motor tetap aman. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menambahkan aksesori pengamanan pada sepeda motor.

Berikut beberapa aksesori tambahan yang bisa membuat motor jadi lebih aman:

1. Gembok

Salah satu aksesori paling simpel dan banyak digunakan orang adalah gembok. Gembok bisa dipasang di rantai maupun di cakram. Gembok cukup efektif dalam menghambat dan mempersulit aksi pencurian.

Gembok khusus motor juga kini telah banyak beredar, pilihlah gembok dengan kualitas bagus agar tak mudah dibobol oleh maling.

2. Alarm

Alarm ini akan berbunyi saat motor dioperasikan secara paksa. Alarm akan berbunyi nyaring dan berpotensi membuat maling panik lalu kabur.

3. Baut

Baut ternyata cukup efektif dalam menggagalkan aksi pencurian motor. Caranya sangat sederhana yakni cukup meletakkan baut pada piringan rem cakram. Biasanya hal ini akan membuat maling kesulitan karena membutuhkan kunci pas untuk membuka baut.

4. Grip Lock

Pemasangan alat ini yakni pada bagian sisi kanan setang dengan diikat pada tuas rem. Grip lock akan membuat kendaraan sulit melaju karena tuas rem terus ditekan.

5. Pasang Motor Dengan Alat Pelacak

Alat pelacak atau GPS bisa dipasang agar saat terjadi pencurian, pemilik motor bisa mengetahui di mana lokasi motornya. Dengan demikian, ini akan sangat membantu polisi dalam menemukan malingnya.

6. Immobilizer

Immobilizer merupakan sistem yang tertanam pada kendaraan dan terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU) untuk mengolah sinyal yang dikirimkan dari Keyless. Jadi, jika anak kunci yang digunakan tidak sama, kendaraan tak bisa dinyalakan.

Itu dia beberapa alat simpel tapi ampuh untuk menghindari pencurian.