4
395

Hore, Jalanan Malang Akan Dilengkapi CCTV

GilaMotor.com – Guna memantau aktifitas lalu lintas, ratusan Closed Circuit Television (CCTV) bakal terpasang di jalanan kota Malang, Jawa Timur. Ratusan CCTV ini pun akan terhubung dengan Satlantas Polres Malang Kota, Gilmoters.

Selain untuk memantau, dengan adanya CCTV ini juga dapat membatu petugas untuk mengantisipasi kemacetan. Serta untuk mengantisipasi terjadinya kasus tabrak lari yang kerap terjadi di jalanan kota Malang.

“Desember lalu sudah kami ajukan dan disetujui. Dan ratusan unit CCTV ini ditargetkan akan terpasang pada pertengahan 2018,” tutur Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ady Nugroho (11/1).

Rencananya CCTV yang merupakan kerjasama Satlantas Polres Malang Kota dan Pemerintah Kota Malang ini akan terpasang di titik-titik rawan, jalan besar dan kawasan tertib lalu lintas. Kualitas gambar pada CCTV ini juga diklaim sangat baik sehingga dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor, Gilmoters. Dengan demikian polisi atau petugas lainnya dapat dengan mudah mendapatkan data jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Nanti bisa dilihat pihak Pemkot Malang dan Makota Command Center. CCTV itu punya resolusi tinggi jadi bisa memudahkan memantau aktivitas di jalan,” lanjutnya.

Ke depannya, CCTV itu juga akan difungsukan untuk tilang online seperti yang sudah dilakukan di Surabaya. Namun hal tersebut belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Perlu waktu untuk mematangkan dan mengkajinya lebih dalam.

“Sementara fokus kemacetan dan olah TKP kecelakaan, ke depan memang direncanakan begitu,” tutup AKP Ady. (Okz)

 

4 COMMENTS