Dok. Foto: motorcyclesrus.com.au
0
168

Bahaya Ban Motor Kempes Menabrak Lubang Jalanan

Siapa nih yang suka memaksakan ban motor yang kempes dinaiki tanpa diisi angin terlebih dulu? Hal ini bisa membuat kerusakan pada sepeda motor lho.

Tekanan angin pada sepeda motor memiliki standar tertentu. Untuk itu, baiknya selalu mengecek tekanan angin sebelum bepergian.

Sayangnya, masih banyak pengendara yang abai dan memaksakan mengendarai sepeda motornya yang tekanan angin pada bannya sangat kurang. Padahal, hal ini bisa membahayakan pengendara dan merusak motor.

Ban kempes atau bocor yang dipaksa dikendarai bisa merusak komponen lain pada ban. Apalagi ketika ban kempes menabrak lubang, bisa menyebabkan pelek motor jadi peyang. Jika sudah demikian, biaya perawatannya tentu akan jadi lebih mahal.

Ban yang kekurangan tekanan angin juga akan lebih sulit dikendalikan dan bisa membahayakan pengendaranya. Untuk itu, ban dengan tekanan angin kurang memang tak disarankan untuk dikendarai.

Saat ban kekurangan angin, baiknya memang dituntun sampai menemukan bengkel terdekat. Jika kurang tekanan anginnya tidak terlalu banyak, masih bisa dikendarai tetapi pelan-pelan dan usahakan mengurangi beban pada sepeda motor.

Misalnya, jangan memaksa membonceng orang lain saat ban motor dalam keadaan kempes. Baiknya memastikan tekanan angin stabil dulu sebelum mengendarai sepeda motor dengan berboncengan.