23
2680

First Ride All New CBR 150R : Pengendaliannya Asik

GILAMOTOR.com, Sentul. รขโ‚ฌโ€œ Usai peluncuran secara resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM), All New CBR 150R langsung diajak menjajal sirkuit gokart Sentul, Bogor (30/6).

Secara desain, CBR 150R memang tak jauh berbeda dari saudaranya CBR 250R yang lebih dulu merambah pasar Indonesia. Honda menyatakan bahwa kehadiran CBR 150R untuk memperkuat line up motor sport premium Honda di pasar otomotif roda dua Tanah Air.

Desain CBR 150R, diklaim Honda, merupakan perpaduan antara VFR1200F dan CBR 1000R.

Berada di atas CBR 150R, aura sporti sangat terasa dan nyaris tak ada bedanya dengan CBR 250R. Hanya saja CBR 150R terasa sedikit lebih kecil dibanding dengan CBR 250R.

Dengan tinggi tempat duduk ke tanah 797 mm, posisi kaki saat menginjak tanah sangat pas dan pengendara tak perlu menjinjitkan kaki untuk berdiri dengan kedua kaki saat berada di atas motor ini.

Honda mengatakan, DNA motor balap MotoGP dapat ditemukan di motor ini. Karena itu, tester GilaMotor.com merasa penasaran seperti apa motor sport 150cc yang dikatakan memiliki DNA motor balap MotoGP ini.

Birahi yang memuncah karena tak sabar ingin bercinta dengan motor sport CBR 150R tiba-tiba saja lenyap saat kunci kontak diputar, karena raungan suara knalpotnya tak segarang yang dibayangkan sebelumnya. Berhubung terster GilaMotor.com sudah berada di atas CBR 150R dengan riding gear lengkap dari kepala sampai kaki, mau tak mau tangan harus memutar tuas gas dan menjajal CBR 150R sebanyak 3 putaran sirkuit Sentul kecil.

Sesaat setelah melewati tikungan pertama, gairah untuk terus membejak CBR 150R kembali bangkit. Kendati suara kenalpot yang terbilang cukup sopan sempat membuat hilang gairah, namun kestabilan handling dan akselerasinya memberi kenikmatan tersendiri saat melahap tikungan.

Memasuki tikungan dua belas (R12) di putaran pertama, down shifting ke gir dua pun dilakukan untuk memperlambat laju motor. Selepas R12, throttle makin besar terbuka dibarengi perpindahan gir ke posisi lebih tinggi hingga mendekati tikungan terakhir (R14). Hanya sedikit melakukan pengereman dan sedikit countersteering, CBR 150R langsung melahap tikungan dengan nyamannya.

Memasuki putaran ke dua, mesin dipacu pada rpm lebih tinggi hingga mencapai 6000 rpm, barulah terasa galaknya mesin berkapasitas 149,4 cm3, DOHC, 4 langkah, silinder tunggal, berpendingin cairan dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi PGM-FI. Rupanya CBR 150R akan terasa semakin galak saat mesinnya berada putaran tinggi.

Tak terasa tiga putaran sudah berlalu dan saatnya tester GilaMotor.com kembali ke posisi start.

Dari hasil tes sebanyak tiga putaran sirkuit Sentul kecil, dapat ditarik kesimpulan sementara bahwa motor sport ini memiliki kestabilan handling yang mumpuni dan asyik diajak bermanuver. Bagi para pecinta kecepatan, tes ini tak bisa menggambarkan berapa kecepatan puncaknya karena kondisi lintasan yang tak memungkinkan. Jadi tes ini lebih kepada rasa untuk posisi pengendaraan, pengendalian dan kestabilannya.

Menurut Honda, CBR 150R ini bisa dibesut hingga kecepatan puncak mendekati angka 125 km/jam.

Lantas apakah aroma MotoGP pada motor yang dikatakan memiliki DNA MotoGP ini benar-benar terasa? Sayang seribu sayang, tester GilaMotor tak bisa mengatakannya. Pasalnya, GilaMotor belum pernah merasakan sensasi berada di atas motor super cepat itu. Jadi tak bisa mengatakan apakah CBR 150R ini benar-benar memiliki DNA MotoGP atau tidak.

Tapi sebagai turunan motor super cepat yang dikendalikan oleh Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso, bisa jadi CBR 150R ini memiliki karakter MotoGP.

Penulis/Foto : @jayadi72

23 COMMENTS

  1. haaah…. ga salah tuh honda menyebut top speednya 125 km/jam, Honda Tiger ane aja bisa dapet 125 km/jam, mosok CBR cuma segitu, klw begitu dimana letak DNA MotoGP nya…. lalu video yg tersebar di youtube menampilkan new CBR 150 R bisa mencapai 150 km/jam gimana dong…. 33 juta cuma tuk dapetin motor dgn top speed segitu…. mending tetap bertahan dgn tiger aja deh, wkwkwkwk….

  2. bandingin kok sama yg 2 tak gan.. walaupun cc sama jelas mesin beda jauh..
    top speed 125 km/jam ? uda pernah nyoba bawa ?
    ane sndiri trus trang ga prcy top speed 125..uda punya,,buktikan top speed 125 + pic (gear top + rpm 10.000++) ..baru ane percaya..

  3. 125 km/j ?? Minerva 150 R gw aja bs 140 km/j. tapi kalo handlingnya bagus ya bolehlah buat selap selip di kemacetan ibukota.

  4. vixi tag ad apa2 klo d bndg kn dgn tiger,,
    soal ny ane prnah nyoba drag sma2 standar,,
    tgal jauh,,
    cbr blh klh speed ny d bndg kn ninja,,
    tpi kualitas msin,,
    ttp honda no 1…

  5. Beda 9 jt sama cbr 250 mending ambil yg 250…
    berasa gedenya….
    nanggung motor body keker tapi lari kurang…
    klo di bilang top speed 120km/jam sih meragukan , soalnya thunder yg cc di bawah cbr bisa smpe TP segitu…jadi mending di karisifikasi..
    just sharing…

  6. Aduh agan2 .. itu kan di sirkuit, bukan jalan lurus =_=
    jadi bisa aja mw nginjek lbh dr 125 ,, eh kburu ada tikungan .. gt loh ..

  7. Bener bener kata CBR lover, yang diatas nggak ada otaknya, di dynotest, new CBR 150 tembus 159 Km/h, kalo kurang bukti liat youtube

  8. 125km/h bisa jadi itu kecepatan real bukan kecepatan dengan patokan spido yg digedein, biasa org sini kan selalu keburu2 hidupnya jd kerjaany ngebut mulu, kasian ya…drpd comment2 jelek2in ada baikny dicoba dulu bru bandingin ke motor masing2, jgn bawel kyk banci ahh..peace hehe

  9. @arief
    we kamu kalo berani ngetest sama punya gue motorku new cbr 150r,motor mu apa vixikah,motor murahan mau pake balapan di mana,dak rusakkahtuh motor murahan ,nanti rusak nangis

  10. Bro itu motor masih bisa dipendekin gak ya….datur shcknya gitu…mohon infonya, gue mo beli nih