0
1825

Fungsi Oli Mesin & Penggunaan Pelumas Oli Mobil Pada Motor

Halo Gilamotor. Saya Ranny dari Bandung.
Saya mau tanya, sebenernya sejauh mana sih fungsi oli mesin dan boleh gak sih pelumas oli mobil digunakan untuk oli motor?

Terimakasih yah..

Haii Ranny, salam Gilamotor.

Bicara masalah pelumas, memang terkadang membingungkan namun sesungguhnya mudah dimengerti. Memang banyak yang beranggapan bahwa fungsi oli hanya untuk melumasi mesin, padahal masih banyak manfaat yang didapat dari oli, asalkan Anda menggunakan oli yang tepat dan memang direkomendasikan produsen terutama untuk spesifikasinya.

Selain untuk melumasi bagian dalam mesin yang bergesekan, oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin pada saat panas, membersihkan bagian dalam mesin dan sebagai penyekat ruang bakar dengan ruang resevoir minyak pelumas pada silinder juga mencegah terjadinya oksidasi yang menyebabkan karat pada komponen mesin.

Lantas apakah boleh oli mesin mobil digunakan pada mesin motor?

Oli mesin mobil mempunyai spesifikasi yang berbeda dari oli mesin motor yang berkopling basah, jadi oli mobil tidak dianjurkan untuk dipakai pada mesin motor karena mengandung aditif lapisan film yang licin.
Apabila digunakan pada motor dapat mengakibatkan kopling jadi slip, menimbulkan suara dan mesin akan cepat aus.

Karena itu, produsen oli pasti membedakan spek oli yang digunakan untuk mobil dan motor.

Semoga membantu.

Pertanyaan ini di jawab oleh :

EVALUBE

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”