Dok. Foto: Hawkcaralarm.com
0
257

Immobilizer atau Keyless, Mana yang Paling Ampuh Cegah Maling?

Kini, motor-motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Immobilizer maupun Keyless. Untuk motor-motor yang belum dilengkapi dua teknologi ini pun, kalian bisa memasangnya sendiri di bengkel.

Bengkel-bengkel sudah banyak yang menyediakan fasilitas modifikasi untuk memasang paket Immobilizer dan Keyless.

Tetapi, banyak juga netizen yang bertanya untuk fitur keamanan lebih baik memasang Keyless saja atau sekaligus Immobilizer.

Biasanya pihak bengkel akan bertanya apakah menginginkan Keyless saja atau sekaligus dengan Immobilizer. Bengkel akan menjelaskan apa perbedaannya menggunakan Immobilizer ataupun tidak.

Jadi, Keyless ini semacam pengganti kunci berbentuk remot. Remot ini hanya bisa digunakan jika jaraknya sekitar satu meter dari motor. Lebih dari itu, motor tak akan bisa menyala, artinya maling akan kesulitan untuk membobolnya.

Sementara Immobilizer merupakan sistem yang tertanam pada kendaraan dan terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU) untuk mengolah sinyal yang dikirimkan dari Keyless. Jadi, jika anak kunci yang digunakan tidak sama, kendaraan tak bisa dinyalakan.

Dengan sistem Keyless saja sebenarnya keamanan sepeda motor sudah cukup terjamin. Karena sistem Keyless ini sebenarnya merupakan pengembangan dari sistem Immobilizer. Namun, jika tetap menginginkan keamanan ganda tetap bisa memasang keduanya pada sepeda motor kesayanganmu.

Biaya untuk memasang Keyless cukup beragam di berbagai bengkel, rata-rata di angka Rp2 juta. Jika ingin menambah memasang Immobilizer biasanya harus tambah sekitar Rp300 ribuan.