Dok. Foto: Hyundai.com
0
198

Kebiasaan Buruk Naik Motor Bikin Boros Bensin

Saat sepeda motor terasa boros bensin, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Pertama tentu saja kondisi komponen motor, apakah semuanya dalam keadaan normal atau ada yang bermasalah. Jika ada kerusakan atau aus pada komponen motor memang bisa menyebabkan mesin bekerja lebih keras sehingga penggunaan bahan bakar meningkat.

Selain itu, kebiasaan berkendara ternyata juga bisa menyebabkan bahan bakar pada sepeda motor cepat habis. Penasaran apa saja?

Berikut kebiasaan buruk pengendara motor yang bikin bensin cepat habis:

1. Teknik Buka Gas Sembarangan

Pada motor matik, membuka gas spontan dengan bukaan yang besar membuat putaran mesin bekerja di rpm atas. Hal ini akan menyebabkan suplai bensin ke ruang bakar langsung deras.

Baiknya, saat menyalakan motor kemudian memutar gas, putarlah perlahan sampai mesin siap naik ke putaran gas yang lebih besar. Apabila putaran gas tidak tiba-tiba berubah ke putaran besar, maka pemakaian bensin akan lebih irit.

2. Menutup Gas Tiba-Tiba

Ketika throttle gas tiba-tiba ditutup saat sebelumnya dalam putaran besar maka akan menyebabkan putaran mesin tidak konstan. Ternyata hal ini membuat tensin tetap akan mengalir deras ke ruang bakar.

Untuk itu, baiknya saat akan mematikan motor, kurangi kecepatan secara perlahan sampai akhirnya melepas gas.

3. Membawa Beban Berlebih

Setiap sepeda motor memiliki batas muatan yang dibawa. Apabila membawa muatan yang melebihi kapasitas maka mesin akan bekerja lebih keras sehingga bensin akan semakin cepat habis.

Untuk itu, baiknya bawalah muatan dalam batas wajar. Hindari membawa beban terlalu berat.

4. Menggunakan Bensin Dengan Oktan Lebih Rendah

Setiap motor memiliki anjuran berapa oktan bahan bakar yang harusnya digunakan. Apabila memaksakan menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah maka bensin pun akan lebih cepat habis.

Bukan hanya itu, menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih rendah juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk pengendara yang bikin bensin cepat habis. Selain itu, mengendarai motor secara ugal-ugalan, menarik gas tak beraturan juga bikin bahan bakar cepat habis.