Dok. Foto: Cycleworld.com
0
305

Lampu Rem Motor Sering Rusak, Kenali Berbagai Penyebabnya

Rem adalah komponen keselamatan yang sangat penting pada sepeda motor. Jika terjadi masalah pada rem bisa menyebabkan risiko kecelakaan.

Bagian rem yang tak kalah penting adalah lampu rem. Lampu rem ini berfungsi untuk memberikan penerangan pada nomor kendaraan bagian belakang.

Selain itu, lampu rem juga berfungsi memberi tanda pada kendaraan lain bahwa Anda sedang mengerem motor yang artinya ada kendala pada sepeda motor Anda. Sehingga pengendara lain bisa ikut mengurangi kecepatan agar tak menabrak.

Masalahnya, lampu rem belakang ini tak jarang alami kerusakan. Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi jika rem motor mengalami kerusakan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Masalah kelistrikan

Masalah kelistrikan bisa jadi penyebab utama lampu rem yang tidak menyala. Biasanya dikarenakan ada kabel yang putus.

Segera bawa ke bengkel jika lampu tidak menyala, teknisi akan memeriksa apakah ada kabel yang putus atau tidak.

Selain kabel yang putus, bisa juga dikarenakan lampu yang putus. Jika lampu yang mati, cukup mudah menanganinya tinggal diganti lampu yang baru.

2. Kebiasaan buruk pengendara

Kebiasaan buruk pengendara bisa juga menjadi penyebab lampu tak menyala. Kebiasaan tersebut adalah berkendara dengan terus menempelkan tuas jari pada rem padahal sedang tak ingin mengerem.

Berkendara dengan cara seperti ini akan membuat lampu rem terus menerus menyala. Jika demikian, maka lampu akan cepat putus.

3. Kiprok bermasalah

Masalah pada kiprok juga bisa menyebabkan lampu rem tak menyala. Kiprok sendiri atau yang juga disebut dengan rectifier regulator adalah komponen penting pada sistem kelistrikan kendaraan bermotor.

Fungsi dari kiprok ini ada dua yaitu yaitu mengubah arus dan mengatur kelistrikan. Dengan kata lain, kiprok ini menyuplai arus listrik menuju aki.

Nah, apabila terjadi masalah pada kiprok maka arus listrik tak akan sampai ke rem yang menyebabkan lampu rem tak menyala.

Jadi, ketika lampu rem sering bermasalah, tiga bagian di atas perlu diperiksa. Mungkin cara berkendaramu keliru atau mungkin ada kerusakan pada komponen motormu.

Servis motor secara berkala termasuk memeriksa bagian kelistrikan motor agar hal demikian bisa terhindar. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala agar performa mesin terus terjaga.