Dok. Foto: Cardosystems.com
0
259

Perhatikan, Bagian-bagian Motor ini Gampang Karatan

Belakangan, masalah rangka motor yang berkarat jadi perhatian banyak orang. Hal ini terkait kasus rangka eSAF dari merek Honda yang disebut keropos hingga patah.

Beberapa bagian dari motor sendiri memang ada yang gampang berkarat. Untuk itu perlu perawatan tertentu seperti dicuci dan dikeringkan secara berkala, terutama setelah terkena air hujan atau lumpur.

Pasalnya, air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan lama di motor akan menyebabkan karat hingga keropos.

Nah, biar kamu lebih bisa berhati-hati baiknya memahami beberapa bagian motor yang mudah berkarat. Berikut daftarnya:

1. Rangka

Kondisi rangka berkarat hingga patah belakangan tengah jadi sorotan. Bagian rangka memang gampang berkarat lho. Khususnya di bagian sambungan atau yang dilas dan juga bagian yang sulit dijangkau.

Sisa air hujan dan lumpur yang mengendap pada bagian ini dan dibiarkan akan menyebabkan korosi sehingga menimbulkan karat. Jika sudah demikian, maka rangka akan menjadi tak kuat lagi.

2. Swing Arm

Bagian swing arm atau lengan ayun pada sepeda motor juga mudah berkarat. Bagian ini mudah terkena air hujan atau cipratan lumpur karena letaknya di bawah.

Untuk itu, jangan lupa untuk segera membersihkan bagian swing arm setelah terkena hujan. Jika tidak bagian sambungan lengan ayun atau bushing akan cepat berkarat.

3. Knalpot

Kalian tentunya sudah pernah melihat knalpot berkarat? Bagian ini memang sangat mudah berkarat. Knalpot yang gampang berkarat biasanya pada model naked bike karena biasanya bagian leher knalpotnya tak memiliki pelindung.

4. Dudukan monosok

Pada jenis motor tertentu seperti Yamaha Vixion misalnya, dudukan monosok belakangnya atau link pada motor sport sangat mudah berkarat. Pasalnya, bagian ini sangat mudah terkena cipratan air hujan.

Letaknya yang lebih rendah dari swingarm membuatnya lebih rawan berkarat. Apalagi jika kondisi jalan yang dilalui sehari-hari berlumpur misalnya.

5. Rantai

Rantai motor tak berpelindung sangat rawan terkena karat karena air hujan. Jika sudah berkarat, rantai motor akan terasa berat saat dikendarai dan suaranya berisik, sangat mengganggu.

Itu dia beberapa bagian motor yang gampang berkarat. Lakukan perawatan rutin dan cuci motor secara berkala untuk menghindari karat.