Dok. Foto: Honda Global
0
249

Sedang Viral, ini Tips Agar Rangka Motor Tak Berkarat dan Patah

Belakangan ramai dibicarakan kasus rangka motor matic Honda yang keropos dan patah di jalan. Bagian patah paling banyak di bagian dek sehingga motor tak bisa dikendarai.

Viralnya kasus semacam ini membuat banyak pemilik sepeda motor khawatir mengalami hal serupa. Kondisi semacam ini sebenarnya bisa dihindari dengan melakukan perawatan pada sepeda motor.

Rangka motor yang patah tak terjadi tiba-tiba tapi melalui proses dari berkarat terlebih dahulu. Untuk itu, perlu melakukan pencegahan dan perawatan pada sepeda motor agar rangkanya tak keropos dan patah.

Berikut tips mencegah rangka motor agar tak berkarat dan patah:

1. Rajin bersihkan motor

Jangan malas untuk mencuci motor secara berkala. Gunakan air bersih dan sabun khusus cuci kendaraan. Utamakan setelah motor terkena air hujan, atau menerjang jalanan berair untuk segera dicuci bersih.

2. Jangan skip keringkan motor

Ada banyak orang yang membiarkan motor kering dengan sendirinya setelah dicuci. Padahal, lebih baik keringkan dulu motor dengan kain khusus motor seperti kanebo. Pastikan semua bagian motor kering ya.

3. Jangan membawa beban terlalu berat

Biasanya, orang suka membawa barang diletakkan di dek motor. Tetapi, tidak disarankan membawa barang terlalu berat di dek karena bisa menyebabkan bengkok hingga patah.

4. Periksa berkala

Periksa kondisi kerangka motor secara berkala sekaligus ketika melakukan servis motor. Dengan demikian, jika ada bagian yang dirasa mengalami masalah bisa secepat mungkin ditangani.

Apabila ada luka pada cat, segera berikan lapisan cat tambahan agar luka tersebut tidak menjadi karat.

5. Gunakan pelindung cat

Untuk mencegah karat bisa juga dengan melindungi cat dengan memberikan tambahan pelindung cat. Pelindung cat khusus kendaraan ini akan mengurangi risiko motor berkarat.

6. Letakkan motor di tempat kering

Simpan motor di tempat yang kering dengan suhu ruang. Jangan simpan motor di tempat lembab apalagi yang rawan terkena hujan karena akan sangat mudah menjadi karat.

Itu dia beberapa tips untuk mencegah karat pada sepeda motor. Pastikan melakukan perawatan berkala dan rutin membersihkan sepeda motor kesayanganmu ya!