Dok. Foto: livingwithgravity.com
0
188

Siap-siap Aprilia RS 440 Segera Dipasarkan

Santer dikabarkan Aprilia sedang mempersiapkan peluncuran motor barunya dengan kubikasi 400-cc. Motor baru full fairing ini dirumorkan memiliki nama RS 440 yang dan merupakan adik dari RS 660 dan RSV-4.

Rumor santer ini ramai dikabarkan setelah beberapa media otomotif internasional merilis gambar terbaru motor tersebut yang tertangkap kamera saat sedang dites di jalan. Seperti dikutip dari Motorcyclenews, RS 440 dites di jalan ditemani Moto Guzzi Stelvio.

Saat dites di jalan ini, tulisan RS 440 di bodi motornya ditutup dengan tulisan RS 660. Meski demikian, perbedaan kedua motor ini sangat kentara. Jadi tentu saja pecinta otomotif paham jika motor tersebut bukan RS 660.

Perbedaan paling kentara pada keduanya terletak di sistem pengeremannya. Sistem pengereman RS 440 di bagian depan hanya memiliki satu cakram. Sementara pada RS 660 memiliki cakram ganda 320 mm.

Perbedaannya lainnya tampak pada swingarm. Di mana model RS 660 menggunakan alumunium, sementara motor yang dites tersebut menggunakan model yang lebih sederhana.

Tapi, bukan tak mungkin jika nanti ada perubahan karena motor ini masih dalam pengembangan dan baru akan dirilis pada akhir 2023.

Sementara soal mesinnya, meski belum diketahui persis, tapi ada kemungkinan menggunakan mesin yang sama dengan RS 660. Kemungkinan mesin yang digunakan adalah dua silinder segaris.

Motor ini pun digadang-gadang bakal jadi saingan buat Kawasaki Ninja 400, Yamaha R3, dan Honda CBR500R.

Jika dilihat dari tampilan luar bodinya, sepertinya RS 440 ini didesain lebih agresif dari RS 660 sehingga bakal lebih mudah untuk bermanuver.

Selain itu, motor ini sudah menggunakan lampu full LED. Kemungkinan juga kembaran model naked bakal ikut diperkenalkan yakni Tuono 440.

RS 440 ini juga sepertinya bakal lebih cocok untuk dipakai harian karena posisi duduknya yang dibuat lebih rendah dari RS 660. Sayangnya, belum ada spesifikasi lainnya yang dibocorkan nih. Soal harga juga belum ada gambaran. Kita tunggu saja kabar baik perilisannya.