Dok. Foto: hondaoutsidejava.co.id
0
191

Tips Menyalip di Jalan Tanpa Marka, Jangan Sembarangan Ya!

Ketika berada di jalanan Indonesia, terutama di wilayah pedesaan yang sering kali belum diberi marka, pengendara sepeda motor memang harus ekstra berhati-hati. Kondisi jalur yang berkelok dan menanjak dapat menimbulkan sejumlah risiko dan memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa video viral telah memperlihatkan bagaimana kurangnya kehati-hatian saat menyalip di jalan tanpa marka dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Terutama pada jalanan berkelok, kendaraan di depan bisa tiba-tiba tidak terlihat, sehingga sangat penting untuk berhati-hati saat berencana untuk melakukan manuver menyalip.

Dalam situasi seperti ini, ada beberapa tips yang perlu diingat oleh pengendara sepeda motor yang hendak menyalip di jalan raya tanpa marka. Salah satunya adalah jangan pernah mencoba menyalip di tikungan. Saat menghadapi tikungan, sebaiknya segera kurangi kecepatan. Selain itu, disarankan untuk selalu berada di jalur kiri untuk meningkatkan tingkat keamanan.

Salah satu alasan utama dilarangnya menyalip di tikungan adalah karena adanya titik buta yang menghalangi pengendara melihat ke depan, sehingga mereka tidak dapat dengan jelas melihat apakah ada kendaraan dari arah depan atau tidak.

Oleh karena itu, pastikan kalian tidak menyalip saat sedang berada di tikungan. Ketika kalian akan melakukan manuver menyalip, jangan lupa untuk mengaktifkan lampu sein sebagai tanda kepada kendaraan di belakang dan kendaraan yang ingin kalian salip.

Menyalip di jalan lurus memberikan pengendara lebih banyak visibilitas dan memungkinkan mereka untuk dengan lebih mudah menilai apakah aman untuk melanjutkan manuver menyalip.

Namun, yang paling penting dari semua tips ini adalah untuk selalu menggunakan peralatan keselamatan berkendara, seperti helm, untuk mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan. Keselamatan selalu harus menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan.