6
6816

Touring Dengan New Honda Sonic 150R

GILAMOTOR.com – Beberapa waktu lalu GILAMOTOR.com berkesempatan membejak New Sonic 150R dari Bandung menuju Pangandaran di acara Journalist Leisure Riding yang digelar main dealer sepeda motor Honda wilayah Jawa Barat, PT Daya Adicipta Mustika (DAM). Di acara itu DAM menyiapkan 10 unit All New CB150R StreetFire dan New Sonic 150R

Rute yang ditempuh di hari pertama sejauh hampir 300 km melalui Rancaekek, Nagrek, Garut, Cipatujah, Citumang dan berakhir Pangandaran. Beragam kondisi jalan tersaji di sepanjang jalur yang dilalui, mulai dari trek lurus yang mulus, tikungan sempit dan tikungan besar hingga jalan rusak berbatu.

Awalnya sempat terpikir akan mengalami pegal dan lelah berlebih saat riding jarak jauh dengan Sonic 150R. Maklum, posisi duduk dan stang Sonic yang rendah tentu akan berimbas pada tubuh setinggi badan 170cm.

Di 150 km pertama, apa yang dikhawatirkan GILAMOTOR benar adanya, pagal terasa di area lengan karena harus menahan berat tubuh yang terdorong ke depan. Terlebih trek yang dilalui saat keluar dari halaman kantor DAM menuju Nagrek sangat padat. Selain itu, di jalur menuju Cipatujah, peserta diarahkan ke jalan rusak berbatu. Jalan berlubang besar dan berhias bebatuan besar membentang sejauh 5 km.

Di 150km pertama bisa dibilang sebagai adaptasi pengenalan karakter dan mencari posisi berkendara yang sesuai untuk ukuran tubuh awak redaksi GILAMOTOR. Setelah istirahat untuk makan siang di pesisir pantai Cipatujah, GILAMOTOR mulai menemukan posisi dan gaya berkendara yang sesuai. Terbukti rasa pegal dan lelah berlebih tak separah di etape petama.

GILAMOTOR akui New Honda Sonic 150R punya akselerasi yang responsif. Mesin 150cc DOHC nya mampu menggerakkan bodi Sonic yang ringan dengan sangat cepat. Sehingga manuver-manuver melewati kendaraan di depan sangat mudah. Selain itu, untuk menembus kecepatan 100 km per jam sangat cepat. Tanpa harus bersusah payah memuntir slongsong gas lebih dalam, speedo meter digitalnya sudah menunjukkan kecepatan lebih dari 100 km/jam.

Sesekali GILAMOTOR mencoba keluar dari barisan saat melintasi trek lurus yang sepi untuk mencicipi kecepatannya. Tapi GILAMOTOR tak memaksimalkan seluruh tenaga yang diproduksi mesin 150cc DOHC 4-tak liquid cooled tersebut mengingat perjalanan ini bukanlah untuk mencari kecepatan puncak Sonic 150R, tapi untuk touring sambil menikmati keindahan alam di Jawa Barat.

Saat speedo meter menunjuk angka 115 km/jam, GILAMOTOR langsung mengendurkan putaran gas, meski sesungguhnya Sonic 150R masih bisa dipacu lebuh kencang lagi. Hal itu dilakukan demi keamanan dan keselamatan, karena jalan raya bukanlah tempat yang tepat untuk menguji kecepatan puncak sebuah motor.

Mesin dari basis All New Honda CB150R StreetFire ini diklaim merupakan teknologi terkini yang dikembangkan PT AHM. Ukuran ruang bakar dan piston ringan dipadu roller rocker arm, offset cylinder dan dinding piston bertekstur memberikan kombinasi apik dalam hal performa.

Lantas bagaimana performanya di jalan menanjak dan tikungan? New Honda Sonic 150R mampu menaklukkannya dengan mudah. Dengan torsi maksimal 13,5 Nm di 6500 rpm dan bobot 114 kg, tentu saja ini menjadi nilai plus ketika New Sonic 150R meliuk diantara macetnya lalu lintas perkotaan dan melahap tiap tanjakan dari Bandung ke Pangandaran. Sementara didesain dengan sudut kemudi proporsional yaitu 26,5 derajat, sumbu roda pendek serta sudut putar yang sama lebarnya (kanan-kiri 45 derajat) punya peran membuat Sonic 150R semakin lincah.

6 COMMENTS