5
933

Yamaha : Benahi Sistem Transportasi

GilaMotor, JAKARTA.- Membludaknya jumlah motor pada jam-jam sibuk dan jalur-jalur utama Jakarta, dianggap sebagai biang dari kemacetan dan kesemrawutan wajah lalulintas Jakarta. Karena itu, pemerintah daerah Jakarta merasa perlu mengeluarkan peraturan baru mengenai pembatasan sepeda motor pada jam dan jalur tertentu.

Semenjak wacana itu dimunculkan, masyarakat khususnya pengguna motor di Jakarta menilai hal ini sebagai tindakan yang kurang tepat. Karena mayoritas masyarakat masih mengandalkan sepeda motor sebagai alat transportasi yang efisien, baik dari segi waktu maupun uang.

Produsen motor sendiri menganggap kebijakan ini pun dapat berimbas pada penjualan. Kendati sesungguhnya ATPM sendiri tak keberatan jika peraturan ini benar-benar diterapkan.

“Jika dikaitkan dengan penjualan tentu akan ada dampaknya, tapi kemungkinan hal itu hanya terjadi untuk wilayah Jakarta saja, dan tak terlalu berpengaruh di luar Jakarta,” papar Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti di sela-sela jumpa wartawan Yamaha Asean Cup U-13 Football, di Hotel Manhattan, Jakarta, Kamis (29/7).

“Namun, pembatasan sepeda motor tidak bisa diterapkan mendadak, harus ada pembenahan sistem transportasi dulu,” tambahnya.

Menurut Dyon, pembenahan transportasi publik membutuhkan waktu setidaknya dua sampai tiga tahun kedepan untuk menggantitan sarana transportasi masyarakat pengguna motor.

Menurut penggiat keselamatan berkendara dari Road Safety Association, Edo Rusyanto, pengendara motor ini selalu menjadi kambing hitam dari semua permasalahan lalulintas Jakarta.

“Pengendara motor itu seperti gadis perawan yang diperkosa beramai-ramai lantas diinjak-injak lalu dijadikan tersangka. Kenapa? Masalah kecelakaan, motor-lah yang jadi penyumbang kecelakaan terbesar. BBM subsidi, motor yang dilarang, sekarang masalah kemacetan, motor yang disalahkan,” paparnya.

Menurut Edo, bagaimana mungkin masyarakat akan beralih menggunakan transportasi umum kalau kondisinya membuat masyarakat tidak nyaman. Belum lagi berbagai masalah skandal yang belum lama ini terjadi didalam bus TransJakarta.

Masih menurut Edo, yang penting adalah masyarakat tetap bisa bekerja dengan menggunakan transportasi publik. Untuk itu, pemerintah harus membenahi transportasi publik yang ada saat ini.

5 COMMENTS

  1. IYA MEMANG MOTOR YG SELALU JADI KAMBING HITAM.KARENA PARA PEMBUAT KEPUTUSAN ADALAH PEJABAT2 YG SELALU NAIK MOBIL…DAN ITU MEMBUKTIKAN BAHWA PARA PEJABAT KITA TAK PEDULI DGN RAKYAT KECILLL..KARENA MAYORITAS PENGGUNA MOTOR ADALAH RAKYAT KECIL..
    PENGALAMAN SAYA SELAMA PUNYA MOTOR SAYA GAK PERNAH LAGI NAIK ANGGKUTAN UMUM SELAMA KURANG LEBIH HAMPIR 7TH..INI KARENA SAYA PUNYA MOTOR,,DAN UDH SOUL MATE.
    KALO SAYA NAIK ANGKUTAN UMUM..
    1.SAYA HARUS JALAN BEBERAPA RATUS METER.DARI RUMAH SAYA UNTUK NAIK ANGKUTAN
    2.DAN JUGA ANGKUTAN UMUM TIDAK MENGANTARKAN KITA SAMPAI KETUJUAN SEPERTI PERUMAHAAN DIDALAM GANG,PALINGAN BERENTI DEPAN KOMPLEK .DAN KITA HARUS JALAN LAGI..
    3.SAYA PALING EMPET KALO MENUNGGU ANGKUTAN LAMA DAN TAK TEPAT WAKTU..
    4.ANTRI/BERDESAK2KAN.
    5.BUANG2 WAKTU KARENa mengharuskan kita pulang /pergi dgn waktu lebih awal..
    6.kalo naek mtor waktunye bisa saya pas sin ..
    7.tarifnye juga bikin tekor kalo kerjaan nye naek 2/3 kali anggkutan..pulang pergi bisa naek 4-6 kali angkutan..
    8.mendingan busway aje yg dihapuskan karena makan jalan yg sudah ada,dan tak sesuai dgn hukum jalan,.,juga kurang aman dan masih disubsidi oleh APBD..alias gak untung..yg rasional adalah pake monorel karena gak makan badan jalan karena letaknye di atas..
    9.dan saya ingatkan fauzi bowo kalo mau kepilih lagi 2 priode,,lupakan aturan.itu dan ikuti saran saya ini..
    terima kasih…

  2. memang para pejabat mo nya nguntungin diri sendiri, pas di pemilihan janji nya seabrek2, pas dah di pilih malah bikin susah rakyat, kalo mo bikin keputusan jangan sebelah pihak dong bowo, di pikirin solusi nya yang ga bikin masyarakat kecil tambah susah,

  3. Tiap unit mobil memerlukan tempat setara 5 unit motor (demikian jg BBM nya & polusinya).
    Bayangkan jika semua bikers beralih pakai mobil pribadi pasti tambah tidak bisa bergerak.
    Tapi jika semua mobil pribadi disulap jadi motor pasti jadi lancar.
    Harusnya mobil yang dibatasi, mengapa motor harus ngalah?