Dok. Foto: Rideapart.com
0
272

Yamaha RD R3 Turbo, Cafe Racer Modern dari Frateschi Garage

RD Turbo oleh Frateschi Garage di Sao Paulo memberi penghormatan kepada motor legendaris Yamaha. Mereka memodifikasi, RD 350 tetapi dengan sejumlah perubahan.

Mereka memutakhirkan mesinnya dengan mesin R3 yang empat langkah lebih modern, menghembuskan kehidupan baru ke dalam mesin dua silinder. Untuk menambah keseruan, mereka memasang turbocharger gas buang untuk memaksimalkan performa.

Motor ini mempertahankan rangka baja tubular asli dari Yamaha RD 350 LC YPVS, yang diperkuat untuk stabilitas. Renato Frateschi, dalang di balik proyek tersebut, mentransplantasikan mesin twin-silinder 321cc 180 derajat berpendingin cairan dari Yamaha R3 atau MT-03. Mengingat bagaimana tenaga empat tak berbeda dari dua tak, Frateschi berpikir bahwa mesin kembar 321cc kecil itu membutuhkan sedikit dorongan untuk membuat para penggemar RD tersenyum.

Untuk lebih meningkatkan performa café racer, Frateschi memperkenalkan turbocharger yang dipesan khusus, mengoptimalkan sistem pembuangan, turbin, kotak udara, dan nozel injeksi. Tanpa batasan Euro 5, mereka memiliki ruang untuk menyempurnakan sepeda sesuai keinginan mereka. Seperti kebanyakan turbo, gas buang menggulung impeller, menekan udara yang masuk ke mesin. Lebih banyak udara sama dengan lebih banyak dorongan, yang berarti lebih banyak tenaga.

Dok. Foto: Rideapart.com

Suspensi juga mendapat perhatian, sudah terpasang garpu teleskopik terbalik yang dapat disesuaikan di bagian depan dan lengan ayun aluminium dari Triumph Daytona 675 di bagian belakang. Sistem pengereman ditingkatkan dengan kaliper Brembo empat piston yang diadaptasi secara radial.

Untuk mempertahankan sentuhan klasik, mereka mengganti velg asli dengan velg wire-spoke 17 inci. Fairing dibuat menggunakan printer 3D, menghasilkan desain ramping yang menampilkan fairing setengah runcing, pantat belakang tunggal, dan dekorasi Speedblock merah ikonik Yamaha.

Detail tambahan termasuk setang clip-on yang sporty, lampu LED, dan elemen bergaya lainnya. Sementara interpretasi modern dari Yamaha RD ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pecinta sepeda motor, kecil kemungkinan Yamaha akan merilis model serupa dengan mesin dua langkah atau turbo.

Meskipun demikian, RD Turbo menampilkan perpaduan sempurna antara performa keren jadul dan kontemporer.