Berita

Thursday, 23/12/10 | 12:17 WIB

Motor Bermesin Terbalik? Kenapa Tidak!

GILAMOTOR.com, Roma. – Dunia memang sudah terbalik, banyak hal dulu dianggap tabu dan tidak mungkin, kini sudah menjadi hal yang lumrah. Sama halnya seperti yang dilakukan lelaki asal Italia ini dalam menciptakan motor bermesin besar.

Adalah Daniele ‘Titus’ Sabatini, hadir dengan ide gila membuat motor ber cc besar dengan posisi mesin terbalik. Sabatini yang juga pentolan dan chief designer dari projek yang digarapnya, berhasil membuat ide gilanya menjadi nyata.

nembo-super-32-motorcycle-with-inverted-engine-presented-28742_1 nembo-super-32-motorcycle-with-inverted-engine-presented-medium_1

Bersama timnya, ia berhasil mencangkokkan mesin berkapasitas 2000 cc 3 silinder segaris dengan posisi terbaik. Jika umumnya silinder head berada diatas dan crankcase ada di bawah, hal itu bukan keharusan baginya.

nembo-super-32-motorcycle-with-inverted-engine-presented-medium_4 nembo-super-32-motorcycle-with-inverted-engine-presented-medium_2

“Aku ingin membangun motor dengan performa tinggi yang akan terlihat baru tapi tetap terkandung unsur klasik dan kecantikan yang abadi. Motor itu harus dibangun dengan baja berkualitas dan komponen serat karbon yang akan membuatnya lebih ringan,” ujar Sabatini.

“Pembalikan mesin memungkinkan saya untuk mencapai hasil ini. Super 32 dikembangkan diseputar mesin, dimana mesin mengaplikasi crankcase yang super-kompak dengan posisi terbalik,” tambahnya.

Dikatakan dalam laman autoevolution.com, motor yang diberi lebel sebagai Nembo Motorciclette Super 32 Rovescio dengan kubikasi mesin antara 1850 – 2100 cc, 3 silinder segaris SOHC 2 katup per silinder, berpendingin udara diklaim mampu memproduksi tenaga direntang 160 hingga 250 tenaga kuda.

Super 32 dibangun menggunakan rangka baja tubular dibagian depan, sementara lengan ayun nya dibuat dari serat karbon. Bobotnya berkisar antara 140 – 155 kg. Bobot itu tergantung material yang digunakan.

Bagaimana yah hasil akhir dan riding eksperiance nya diatas Super 32? Kita tunggu saja hasil tes nya yang akan dilakukan  pada Februari 2011 mendatang.

Penulis/Foto : Jay/Nembo Motorciclette

Komentari


*

500 | |

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

1 2 3 13

Berita lainnya

Terbaru