8
9606

Ninja 250R : Ninja Rasa Byson

GILAMOTOR.com. – Awas, jangan sampai tertipu oleh motor bertampang street fighter ini. Sejatinya, tampangnya memang Yamaha Byson, tapi jantung pacunya bukanlah mesin berkapasitas 150 cc, tapi 250 cc.

Wah, Yamaha keluarin motor sport 250 cc yah.? Jawabannya selas enggak.

Bingung? Wajar sih, soalnya ini adalah Kawasaki Ninja 250R yang menjelma menjadi Yamaha Byson. Wuihh…

Kalau yang rajin berselancar di dunia maya alias internetan, pasti sudah pernah melihat sosok Byson bermesin Kawasaki Ninja 250R ini. Karena itu, Gilamotor coba cari tahu siapa sang empu dari Ninja 250R rasa Byson ini. Dan ternyata, Byson bermesin 250 cc ini milik salah satu Biker asal Yogyakarta.

“Ide awalnya sih karena iseng, kebetulan ada Ninja dan Byson di rumah. Mau nyobain Ninja dipakein bodi Byson,” ungkap sang pemilik yang ogah terkenal ini. Nah, berhubung sang Empu gak mau disebutin nama dan profil nya, jadi kita sebut saja dia sebagai Mr. X, ya.

Tapi sekedar info, dia adalah pemilik toko perlengkapan touring yang ada di Jl. Taman Siswa, Kota Yogyakarta.

Bukan engine swap alias mengganti mesin Yamaha Byson dengan punya Ninja 250R, tapi mengganti seluruh bodi full fairing motor sport dua silinder ini dengan bodi streetbike Yamaha Byson. Ya bisa disebut juga body transfer deh.

Proses pemasangan bodi Yamaha Byson tentu enggak bisa langsung plek begitu saja. Mengakalinya tentu harus membuat braket bodi baru di rangka Ninja ini. Malah ada bagian bodi Byson yang harus dicoak supaya bisa masuk dan terpasang sempurna.

Tapi hasilnya benar-benar sempurna, coba tengok bagian-bagian sambungan antar bodi. Enggak ada celah sama sekali, makanya terkesan motor ini Yamaha Byson asli, loh.

“Oiya, pakai bodi Byson karena saya juga gabung di klub Yamaha Byson Yogya. Buat dipakai turing jadi lebih asik karena posisi duduk enggak merunduk seperti bawa Ninja, enggak cepat lelah deh,” ungkap Mr.X.

Tapi ada sedikit yang jadi kelemahannya saat jalan jauh, Byson Ninja ini jadi yang paling sering haus hehehe… Ya iyalahh, mesinnya aja 250cc, kalau Byson asli kan Cuma 150cc jadi wajar kalau rajin mampir ke SPBU.

Nah karena dipersiapkan untuk melakukan perjalanan jauh, makanya ada braket-braet boks di buritan motor.

Pernah ada yang kecele loh saat motor ini touring ke Jakarta dan tiba di Jakarta pada malam hari, ada pengguna Byson yang nanya masalah knalpotnya “Ada yang nyeletuk, knalpotnya beli dimana mas?,” cerita Mr.X sambil tersenyum.

“Wah ada yang ketipu tampang tuh hehehe… Padahal suara mesin 2 silinder Ninja terdengar menggelegar karena sudah pakai knalpot racing merk R9,” tukas Mr.X

Nah, kalau Bro en Sis sampai ketemu dengan Byson Ninja ini di jalan, hati-hati jangan sampai tertipu tampang yah..

8 COMMENTS

  1. wahhhh….kemaren kejogja mampir nih …. itu gak tahunya ninja 250 gile ….
    sempet kenalan sama empunya…n minta pin bb… hahahah…gak nyangka nongol disini motornya….
    mantaps..dah low profile banget orangnya…..

  2. wahh aq tau ni motor.. sering nongkrong di tempatnya… tapi pertama kali lihat gak ketipu soale langsung lihat mesinnya,..