10
7702

Honda CG 100 76 Jadi Dua Silinder L-Twin

GILAMOTOR.com. – Kalo ini beneran Gila, bro.. Asalnya single jadi twin. Sebuah CG bermesin 100 cc single silinder merubah jadi twin hampir 200 cc.

Ini merupakan proyek gila dari Muhammad Basit. Lihat saja, mesinnya jadi mirip konvigurasi L-Twin.

“Rencananya sih sudah lama, tapi baru sekarang terealisasikan dengan proses trial en error,” seru Pratu Resimen Arnud 1/F di Kodam Jaya Bintaro ini. Operasi CG Twin ini menghabiskan waktu 2 bulan dengan dana 6 juta untuk operasi sempurna.

Gak tau dapet ide dari mana, “Briptu Norman” bereksperimen mencangkokkan dua silinder Spin dan dijejalkan piston oversize 100.

Ubahan ini jelas menuntut ketelitian Basit untuk menyusun dua piston, meniru cara kerja CB 200. Satu kruk as berpiston dua, kruk as mencomot milik S90 komplit beserta setang pistonnya. Karena penggerak double, otomatis pengkabut bahan bakarnya dua juga, doi mendayagunakan karbu Keihin milik Supra yang gampang disetel.

Pengapian cukup satu, diubah dari sistem platina ke CDI punya Grand yang mampu melayani double silinder. Semua komponen total diubah, hanya menyisakan blok kiri yang tertera nomer mesinnya doang, kopling full set dari Megapro.

Tambah sip lagi, disematkan dinamo stater, jadi tinggal tekan tombol langsung grengg…

Tampilan lainnya masih CB klasik berkaki lebar dari pelek Thunder 250, tapi mesinnya galak man!.

Spek modif :

Pelek depan-belakang : Thunder 250

Ban depen-belekeng : Mizzle 100/80×17

Shock depan : NSR

Swing arm : GL Pro

Shock belakang : Mega Pro

Knalpot : CBp

Piston : Spin

CDI : Grand

Kopling : Megapro

Karbu : Supra

10 COMMENTS

  1. klo anak cb sih emang idenya gilasemua….

    muanteb tenan pokoke, tapi satu kenapa karbu pakai supra (grand) motor keren klo ga bisa banter ya sama aja… (touring ketinggalan)

  2. MANTAP & SALUT Gan… btw untuk SAFETY serta KETAHANANnya seperti apa ini???
    Surat2 begimane…???