1
1360

Gara-gara Moto3, KTM RC250R Lancar Jaya

GILAMOTOR.com. – Kelas Moto3 baru berjalan satu tahun di ajang balapan paling bergengsi MotoGP sebagai pengganti capung GP125, Namun kehadirannya membuat pengaruh yang besar dalam dunia balapan roda dua. Banyaknya pembalap muda yang ingin masuk dan menjadi pembalap pro membuat KTM tidak membuang kesempatan emas ini.

Produsen motor asal Austria ini telah membuat 40 mesin balap Moto3 yang diberi nama RC250R di pabriknya di Mattighofen. Motor balap yang di buat adalah replika dari motor yang digunakan oleh pemegang tahta Moto3 Sandro Cortese tahun 2012 lalu. Motor Balap ini akan digunakan balapan CEV Spanyol, CIV Italia, IDM Jerman dan Inggris BSB sebagai media pembelajaran bagi pembalap yang akan masuk ke ajang Moto3.

Tukang oprek mesin Senior di KTM Wolfgang Felber menjelaskan bahwa ada perbedaan antara motor yang diproduksi masal dan yang resmi digunakan di balapan Moto3. “Untuk mesin yang dipakai di Moto3 sudah memakai kontrol elektronik dari Dell’Orto, knalpot khusus dari Akrapovic, pelek magnesium, rem khusus dan suspensi canggih dari WP yang bisa mengurangi bobot secara keseluruhan.”

Mesin RC250R sendiri bukan hanya digunakan pada kejuaraan lokal, tapi juga digunakan sebagai batu loncatan untuk ke ajang yang lebih tinggi seperti Red Bull MotoGP Rookies Championship. Untuk kejuaraan ini sendiri, KTM sudah menyediakan sebanyak 27 unit motor untuk digunakan di balapan junior di Barcelona Spanyol untuk dipelajari oleh tuner balapan di sana.

Nah berarti ada 67 motor spek Moto3 yang akan digunakan di seluruh dunia sebagai ajang pencarian bibit muda untuk berkiprah di ajang balapan MotoGP. Mesin KTM ini akan berhadapan dengan mesin-mesin lainnya seperti Honda, Suter dan Kalex  dengan harapan bisa membawa para pemula ini ke level yang lebih tinggi sehingga bisa memberikan balapan yang kompetitif dan penuh hiburan tentunya.

1 COMMENT