0
813

MotoGP 2013 : Rossi Akui Marquez Lebih Baik Dari Dirinya

GILAMOTOR.com. – Setelah 2 tahun menyedihkan bersama Ducati yang membuatnya hanya bisa memberi perlawanan saat hujan, Rossi pun kembali menunjukkan performanya di balapan malam hari di Qatar (7/4). Superstar MotoGP asal Italia itu berhasil merangsek ke posisi empat setelah start di posisi tujuh. Meski sempat merlorot kembali ke posisi tujuh karena kesalaghan kecil, Rossi berhasil menyelesaikan balapan di podidi dua belakang juara seri pembuka, Jorge Lorenzo.

Seri pembuka MotoGP 2013 di Losail mengingatkan seri Welkom tahun 2004 silam yang merupakan saat pertama Rossi menunggangi M1. Yang beda adalah hasil balapannya dan Rossi mengatakan hal itu “nyaris sempurna”. “Maksimal itu adalah menang, namun posisi kedua tentunya nyaris sempurna,” ucap Rossi.

Menjawab pertanyaan tentang perasaannya ketika pertama kali menaiki Yamaha di Welkom tahun 2004 lalu, Rossi berkata, “Kemenangan akan selalu lebih baik, jadi balapan di Welkom lebih spesial. Tapi untuk balapan kali ini para rivalku sangat menakjubkan. Balapan ada pada tingkatan paling tinggi. Jadi kembali ke podium dua merupakan hal yang baik.” Rossi menghabiskan sisa lap dengan duel bersama juara dunia Moto2 Marc Marquez yang memulai debut pertamanya di MotoGP. Marquez pun tampil sebagai pemegang lap tercepat di balapan Senin dini hari waktu Indonesia.

Marc Marquez dan Rossi punya kesamaan ketika mereka sama-sama balapan di kelas para raja, namun juara dunia tujuh kali ini mengatakan bahwa ada perbedaan di antara mereka. “Marc melakukan fastest lap di balapan pertamanya, seperti yang pernah aku lakukan. Tapi aku terjatuh, jadi dia lebih baik dari aku,” ucap Rossi sambil tersenyum. Menurut Rossi, pembalap berusia 20 tahun itu sepertinya akan lebih baik, “Aku harus mengalahkan Marc di awal-awal musim, karena mungkin akan sulit mengalahkannya dari tengah musim ke depan.”

Di Austin akan jadi seri kedua yang sulit. Sebuah sirkuit dimana para pembalap Honda dan khususnya Marquez mendominasi di tes pribadi. “Aku tak menyangka memenangkan balapan atas Honda di Qatar. Balapan berikutnya akan lebih sulit,” ucap Rossi. “Aku harap kami akan lebih kompetitif daripada tes kemarin, karena kami punya setingan lebih baik sekarang, peluang itu sepertinya sangat kuat.”

“Target ku meraih pedium lagi dan mempertahankan poin, karena setelah itu kami kembali ke Eropa dan beberapa trek yang bagus untuk ku dan Yamaha. Trek lama dimana aku tumbuh dan belajar balapan, biasanya lebih baik untuk ku.”