7
15204

Yamaha Scorpio 2008, The Baby Sportster

GILAMOTOR.com – Honda Tiger dan Yamaha Scorpio paling banyak dipilih untuk bahan modifikasi. Salah satu alasannya, mesinnya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, pas mantap. Hal itu juga yang jadi alasan Idy Sulianto merombak Scorpio lansiran tahun 2008. “Kepengen aja punya motor kecil dan bisa nyaman kalo gue pake harian, sempat kepikiran pake motor sport kelas 250cc saja awalnya, tapi kok gak sesuai dengan jiwa gue…,” ucap pria yang biasa nyemplak Harley Davidson Softail Deuce 2001 ini.

Di Studio Motor Custom Bike, bro Idi menginginkan Scorpio nya dirombak lebih ke arah Bobber Style, karena dari awal doi sudah jatuh cinta pada bentuk tangki Iron Guirella-nya Rough Crafts. “Jadilah Bro Idi wanti-wanti agar bentuk tangki ubahan Yamaha Scorpio-nya itu dibuat ala Iron Guirella,” ucap Donny Ariyanto, pentolan Studio Motor. “Biar jadi Baby Sportster, Bro….,” kekeh bro Idy.

Untuk menampilkan kesan bobber yang padat, pengerjaan awal difokuskan pada sasis belakang dengan sedikit penyesuaian drop seat. Biar sesuai dengan karakter bobber yang padat, suspensi depan yang agak cungkring diganti dengan suspense milik Byson yang sedikit lebih besar. Biar tampilan nggak jomplang antara suspense dan bodi.

Baby Sportster ini nggak asal comot nama Sportster, tapi ada komponen milik Sporster yang dipakai di Scorpio Baby Sportster ini. Lengan ayun custom dari bahan pipa seamless 1.25 Inch berpadu dengan suspensi belakang copotan Harley Davidson Sportster. Jadi ada unsur Sportsternya kan.? Walau cuma suspensi belakangnya doang.

Penopang bobot keseluruhan, pelek depan dan belakang dipakai ukuran 16X3 Inch dan 16X3.50 Inch dibalut ban Firestone Deluxe Champion 5.00-16. Sektor bodi meliputi tangki dan spatboard belakang dibuat dengan tetap mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm, dibentuk sesuai dengan konsep yang diinginkan. Urusan pelapisan plat bodi dengan cat, Komet Studio ambil bagian. Laburan warna hijau doff jadi pilihan. Warna ini dipilih untuk menyesuaikan dengan salah satu hobi pemilik Baby Sportster ini, Air Soft Gun. Dan pastinya membubuhkan logo komunitas Air Soft Gun yang diikuti Bro Idy di bagian sisi kiri dan kanan tangki.

Sebenernya nggak cuma itu saja, beberapa komponen lain macam stang, tacometer, kaca spion, lampu sein dan lampu depan serta belakang after market disematkan di Scorpio hijau itu. “Pas untuk harian ketimbang naik HD terus. Lagian sesuai juga dengan jiwa gue…,” tutup Bro Idy.

7 COMMENTS